Home / Fill-Rite Indonesia / 4 Types of Oil Flow Meter Products and Their Functions

article 4 Types of Oil Flow Meter Products and Their Functions cover image
26 October 2022 Fill-Rite Indonesia

4 Types of Oil Flow Meter Products and Their Functions

Merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi industri minyak untuk meningkatkan efisiensi produksi dan meningkatkan kualitas produk. Sebagai solusi terhadap tantangan tersebut, penerapan flow meter minyak yang tepat adalah kunci utama. 

 

Penggunaan flow meter yang tepat dapat membantu industri minyak dalam memangkas biaya produksi, meningkatkan kualitas kerja, serta efisiensi perusahaan.

 

Ada berbagai macam flow meter yang dapat Anda manfaatkan untuk alat ukur cairan minyak, mulai dari flow meter digital hingga flow meter mechanical. Dalam pemilihannya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan industrinya. Berikut adalah beberapa produk flow meter minyak serta fitur-fiturnya.

 

1. Fill Rite Flow Meter Digital FR1118A10

 

Flow Meter Digital FR1118A10 merupakan jenis flow meter digital yang memiliki bentuk cukup kecil yakni 8 cm x 12 cm. Namun demikian, alat ini mampu menanggung tugas-tugas yang tergolong cukup berat dan besar. 

 

Dengan sistem pengukuran turbin, FR1118A10 mempunyai kapasitas untuk mengeluarkan cairan dengan akurasi 1%. Bukan hanya itu, karena tergolong dalam flow meter digital, alat ini sangat nyaman Anda gunakan karena memiliki pembacaan LCD lima digit yang dapat direset.

 

Alat ini merupakan jenis flow meter yang ideal untuk mengukur transfer bahan bakar seperti diesel dan minyak tanah. Bukan hanya itu, alat ini juga dapat digunakan untuk flow meter solar. Maksimal tekanan alat ini adalah 3.4/50 PSI.

 

2. Fill Rite Flow Meter Mechanical FR 901CL1.5
 

 


Alat ukur ini merupakan jenis mechanical oil flow meter. Jika dibandingkan dengan produk sebelumnya, alat ini memiliki dimensi yang lebih besar yakni 19 cm x 19 cm x 14 cm. 

 

Dari segi fitur, flow meter ini memiliki lebang NPT dan mempunyai rancangan yang mampu mencatat 23 sampai 151 liter cairan per menit. Memiliki bahan dasar aluminium, flow meter ini memiliki daya tahan maksimum serta ketahan terhadap korosi. Untuk akurasinya, alat ini memiliki tingkat akurasi sebesar 2%.

 

Flow meter ini memiliki teknologi nutating disc, sebuah teknologi canggih yang mampu memindahkan karat serta serpihan kecil. Dari segi tampilannya, flow meter ini memiliki layer empat roda yang berukuran cukup besar. 

 

Oleh karena itu, alat ini memiliki tingkat visibilitas yang baik, bahkan jika Anda pasang di tempat yang tinggi. Untuk jenis cairannya, alat ini dapat digunakan untuk solar dan minyak tanah. Maksimal tekanannya 3.4/50 PSI.

 

3. Fill Rite Flow Meter Digital TN 740

 

Dengan dimensi 19 cm x 28 cm x 19 cm, flow meter ini memiliki kinerja yang cukup handal, yakni mampu mencatat 0,5 galon hingga 10 galon per menit. Salah satu kelebihan flow meter digital ini adalah kapasitasnya yang baik untuk melakukan pengukuran cairan dengan tekanan tinggi. 

 

Kelebihan tersebut sangat sesuai jika Anda membutuhkan flow meter untuk distribusi cairan otomotif atau berbagai keperluan serupa. Memiliki kompatibilitas serbaguna, flow meter ini memiliki ruang pengukur tekanan tinggi. 

 

Tipe ini sangat ideal untuk oli dengan tingkat kekentalan tinggi dan cocok untuk mentransfer cairan berat dengan cepat dan aman. Untuk visibilitasnya, flow meter ini memiliki empat layar roda yang mudah untuk Anda lihat. Alat ini sesuai untuk flow meter minyak solar dan minyak tanah.  Untuk tekanannya, alat ini memiliki kemampuan 1000 PSI.

 

4. Fill Rite Meter Mechanical FR 806C

 

Fill Rite Meter Mechanical ini merupakan flow meter yang memiliki benang NPT. Alat ini memiliki rancangan yang mampu Anda manfaatkan untuk mencatat lima hingga dua puluh gallon cairan per menit. 

 

Produk ini memiliki tingkat akurasi yang cukup baik yakni 1%. Bukan hanya memiliki kapasitas besar dan akurasi tinggi, alat ini mempunyai teknologi nutating disc. Dengan teknologi tersebut alat flow meter mampu memindahkan  serpihan kecil yang macet dan karat.

 

Dari segi kualitas bahan, alat ini memiliki daya tahan yang baik karena terbuat dari aluminium. Untuk visibilitasnya, alat ini memiliki tiga roda dengan ukuran yang cukup besar untuk mencatat laju aliran. Alat ini sangat cocok untuk peralatan dengan tangki bahan bakar yang kecil.

 

Fill Rite Meter Mechanical FR 806C dapat Anda gunakan untuk mengukur cairan seperti bensin, bahan bakar diesel, dan minyak tanah. Untuk tekanannya, alat ini memiliki kemampuan 3.4 Bar/PSI.

 

Produk-produk di atas merupakan flow meter yang dapat Anda gunakan sebagai flow meter minyak. Perhatikan kebutuhan Anda dari segi akurasi hingga tekanan cairan.