Home / Fill-Rite Indonesia / Flow Meter Digital, Pilihan Terbaik untuk Hasil Akurat

article Flow Meter Digital, Pilihan Terbaik untuk Hasil Akurat cover image
22 October 2022 Fill-Rite Indonesia

Flow Meter Digital, Pilihan Terbaik untuk Hasil Akurat

Flow meter atau alat ukur aliran merupakan alat yang memiliki fungsi cukup penting dalam dunia Industri. Banyak perusahaan menggunakan alat ini untuk menghitung kebutuhan air, udara, chemical, dan berbagai material lainnya. Berdasarkan pada teknologinya, ada dua jenis flow meter di pasaran yakni flow meter analog atau manual dan flow meter digital.

 

Pengertian Flow Meter dan Fungsinya


Flow meter adalah instrumen yang sering digunakan dalam sebuah industri untuk mengukur dan menunjukkan jumlah material cairan, gas, atau uap.  

 

Alat ini beroperasi dengan mengukur karakter aliran cairan atau gas, kecepatan cairan atau gas, kapasitas aliran atau volume. Selain itu, alat ini juga dapat Anda gunakan untuk menghitung mass flow berat suatu fluida.

 

Kesimpulannya, alat ini mengukur laju aliran linier, non-linier, massa, atau volumetrik material-material yang bergerak melalui pipa atau saluran. Banyak perusahaan industri memanfaatkan alat ini karena kontrol aliran, mengukur aliran cairan atau gas merupakan kebutuhan yang kritis.

 

Alat ukur ini memiliki beberapa fungsi yang dapat Anda manfaatkan. Fungsi pertama dari flow meter adalah untuk mengetahui parameter ukuran yang sangat bermanfaat untuk mengontrol rangkaian elektronik. 

 

Selain itu, alat ini juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui flow rate dari aliran listrik dalam data berupa angka.

 

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, flow meter ini juga dapat Anda manfaatkan untuk keperluan kehidupan sehari-hari. Contohnya, untuk mengetahui besaran ukuran atau aliran air, gas, solar, dan bensin.

 

Selain itu, alat ini juga dapat membantu untuk menentukan efektivitas dan efisiensi dari suatu proses. Hasil pengukuran melalui alat ukur flow meter dapat Anda manfaatkan sebagai dasar untuk melakukan Tindakan penyesuaian terhadap besar atau kecilnya suatu aliran.

 

Flow Meter Analog dan Flow Meter Digital

 


Untuk penggunaan flow meter, masih ada banyak orang memperdebatkan jenis flow meter mana yang jauh lebih baik antara flow meter digital dan analog. Bila menimbang dari beberapa faktor, flow meter digital jauh lebih unggul dan baik daripada flow meter analog. Apa alasannya? Berikut penjelasannya!

 

Flow meter analog merupakan alat ukur dengan mekanis sederhana yang menerjemahkan pengukuran bahan seperti cairan, gas, atau material lain ke beberapa indikator pengukuran yang dikalibrasi dengan indikator berbentuk jarum seperti pada indikator dial atau rotameter.

 

Pada penerapannya, flow meter ini bekerja dengan sistem mekanikal register, sehingga alat ini tidak membutuhkan power atau daya listrik. 

 

Dengan cara kerja yang tidak mengandalkan listrik inilah, flow meter ini sering juga disebut dengan nama flow meter non digital atau manual. Dalam penggunaannya, alat flow meter ini aman untuk Anda gunakan dalam lingkungan yang rentan terhadap penggunaan listrik. 

 

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan kemajuan zaman, saat ini  flow meter analog mulai tergantikan dengan yang lebih canggih yakni flow meter digital.

 

Berbeda dengan flow meter analog, digital display meter atau flow meter digital memiliki mekanisme yang bekerja dengan cara menangkap data dan menerjemahkannya ke dalam jumlah yang mudah Anda baca. Hal ini jauh lebih efisien jika Anda bandingkan dengan mekanisme flow meter analog.

 

Selain itu, dari segi data, flow meter digital juga jauh lebih akurat dalam pengukurannya daripada flow meter analog. Anda juga dapat menyimpan hasil pengukuran dari alat ukur digital secara elektronik untuk analisis atau catatan operasional.

 

Hal ini tentu saja yang menguntungkan terutama bila Anda ingin meningkatkan efisiensi kerja. Sebab, Anda tidak perlu lagi  melakukan pencatatan secara manual. Data juga akan tersimpan secara rapi dalam sistem dan dapat sewaktu-waktu diakses.

 

Data dari flow meter digital bisa Anda kirimkan ke komputer atau  smartphone, sehingga kontrol berkala mudah Anda lakukan. Maka dari itu, penggunaan flow meter digital lebih menguntungkan dari flow meter analog. 

 

Flow meter digital memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik dari flow meter analog karena dapat memberikan data  yang lebih akurat.

 

Fill Rite Flow Meter Digital


Salah satu distributor terpercaya yang menyediakan flow meter digital terbaik adalah Fill Rite. Berdiri sejak tahun 1961, Fill Rate menawarkan banyak pilihan flow meter sesuai dengan kebutuhan Anda termasuk flow meter digital.

 

Fill Rite menyediakan produk flow meter digital dengan spesifikasi terbaik dalam kelasnya. Produk Fill Rite juga terbuat dari bahan kokoh seperti aluminium dan berlapis nikel. Maka dari itu, produk Fill Rite selalu tahan lama dan kuat terhadap karat.

 

Fill Rite flow meter hadir dengan berbagai variasi sesuai dengan yang Anda cari. Mulai dari flow meter digital untuk solar dan minyak tanah, flow meter digital untuk kebutuhan bahan kimia pertanian, dan masih banyak lagi.

 

Memiliki bentuk yang kecil dan ringan, flow meter Fill Rite ini sangat dapat  Anda andalkan untuk melakukan tugas-tugas berat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Fill Rite flow meter digital ini, Anda dapat mengunjungi laman resmi Fill Rite, dan dapatkan barang dengan kualitas terbaik dari kami.