Home / Fill-Rite Indonesia / Interesting Facts about Gas Station Pump Machines, Did You Know?

article Interesting Facts about Gas Station Pump Machines, Did You Know? cover image
10 November 2022 Fill-Rite Indonesia

Interesting Facts about Gas Station Pump Machines, Did You Know?

Setiap orang yang memiliki kendaraan tentu pernah atau memiliki pengalaman mengantri mengisi bahan bakar kendaraan di SPBU. Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda bagaimana cara kerja mesin pompa SPBU?

 

Kali ini, kami tidak akan membahas lebih banyak mengenai harga mesin pompa SPBU melainkan membahas mengenai fakta dan cara kerja mesin tersebut.

 

Seputar Mesin Pompa SPBU dan Cara Kerjanya

 

Pertama-tama, Anda perlu tahu komponen atau bagian dari dispenser SPBU. Mesin ini memiliki dua bagian, yaitu kotak dispenser yang biasa kita lihat saat pengisian bahan bakar dan tangki timbun yang terdapat di bawah tanah.

 

Kemudian, pada badan dispenser terdapat mesin penghisap yang berfungsi menghisap cairan bahan bakar dari tangki timbun. Sementara itu, tangki timbun memiliki mesin pompa dorong yang sesuai namanya, berfungsi mendorong cairan bahan bakar.

 

Secara spesifik, satu mesin dispenser SPBU terdiri atas bagian-bagian sebagaimana yang kami sebutkan di bawah ini:

 

-Mesin penghisap
-Dinamo pompa
-Alat pengukur aliran
-Selenoid valve
-Trafo, berfungsi mengamankan sistem kelistrikan dispenser.

 


Sekarang, bagaimana cara kerja mesin pompa SPBU? Ketika petugas mengangkat nozzle atau ujung selang, mesin penghisap akan bekerja. Penandanya adalah berupa bunyi yang berasal dari dinamo pompa.

 

Cairan bahan bakar kemudian otomatis naik ke alat yang bernama selenoid valve. Alat ini adalah penerjemah perintah pembelian yang petugas input dengan takaran liter atau nominal harga.

 

Selanjutnya, cairan bahan bakar mengalir melewati alat pengukur aliran atau flow meter. Dari sana, cairan masuk ke tangki kendaraan yang ingin Anda isi melalui selang. 

 

Sebagai tambahan, cairan baru bisa mengalir ke tangki kendaraan Anda apabila tuas atau nozzlenya ditarik. Apakah selesai sampai di situ? Jawabannya tidak.

 

Alat pengukur aliran memiliki totalisator yang juga akan bergerak mengikuti angka nominal harga. Apabila telah mencapai angka pembelian, alat pengukur aliran akan berhenti bekerja.  

 

Mengapa Anda Perlu Tahu Mengenai Mesin Pompa SPBU?


 

Selain mengetahui bagaimana pompa SPBU bekerja, Anda juga perlu tahu mengapa pengetahuan seperti cara kerja pompa SPBU itu  penting.

 

Beberapa waktu terakhir di berbagai daerah banyak laporan mengenai kecurangan saat pengisian BBM. Kecurangan tersebut bisa dari hal yang simpel seperti mengurangi jatah pengisian hingga penipuan menggunakan chip yang terpasang pada mesin.

 

Dengan memiliki pengetahuan seperti ini, Anda sebagai masyarakat umum biasa tidak akan mudah terkena tipu. Demikian pula jika Anda terlibat dalam industri pengisian bahan bakar. Anda bisa tahu prosedur pengecekan bagian mesin SPBU tersebut. 

 

Sebagai contoh, terdapat bagian yang perlu diperbarui, Anda dan rekan kerja bisa menghubungi pihak distributor dispenser SPBU untuk mengkonsultasikan produk penggantinya.

 

Tips Agar Tidak Mengalami Kecurangan pada Mesin Pompa SPBU

 


 
Selain paham banyak hal seputar mesin SPBU, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kecurangan saat mengisi bahan bakar kendaraan di SPBU. Beberapa diantaranya yaitu:

 

- Turun dari Kendaraan dan Dekati Display Meter

 

Matikan kendaraan dan dekati display meter saat proses pengisian BBM Anda. Jangan memperhatikan hal-hal lain di sekitar Anda karena biasanya petugas nakal menjalankan aksinya saat Anda lengah.

 

Sebaliknya, perhatikan baik-baik saat petugas mulai mengisi bahan bakar hingga selesai.

 

- Cek Apakah Hitungan Pengisian Benar dari Nol

 

Tidak sedikit orang yang mengabaikan hal ini sehingga ia tidak sadar bahwa pembelian bahan bakarnya ternyata lebih sedikit dari yang seharusnya. Ada pula petugas yang memainkan nozzle sehingga pengisian seolah tersendat-sendat. Padahal hal itu adalah bisa saja adalah trik yang ia pakai.

 

- Minta Kwitansi Resmi

 

Setelah mengisi bahan bakar, minta kwitansi atau bukti transaksi pada petugas. Hal ini barangkali akan berguna ketika sesuatu yang tidak Anda inginkan terjadi, misalnya kecurangan saat pengisian.

 

- Laporkan Bila Mencurigai Ada Kecurangan

 

Tips ini bisa Anda lakukan apabila Anda terbukti mengalami kecurangan saat melakukan pengisian BBM kendaraan. Apabila tidak ada respon, datangi kantornya atau hubungi kontak yang tersedia dari perusahaan tersebut.

 

Ada pula yang merekomendasikan untuk mengisi dengan menyebutkan nominal yang bukan kelipatan dari 10, misalnya Rp12.000, Rp18.000, dan seterusnya. Bagaimana dengan trik yang Anda pakai?

 

Demikian beberapa informasi seputar mesin pompa SPBU untuk Anda. Dengan mengetahui cara kerja dari pompa tersebut, diharapkan Anda bisa lebih tanggap dan cepat mengetahui bila terjadi kecurangan atau permasalahan.