Home / Fill-Rite Indonesia / Pompa Transfer DC: Manfaat dan Ragam Jenisnya

article Pompa Transfer DC: Manfaat dan Ragam Jenisnya cover image

Pompa Transfer DC: Manfaat dan Ragam Jenisnya

Pompa transfer DC merupakan salah satu kategori dari pompa transfer. Biasanya pembanding dari pompa DC yaitu pompa AC. Pompa DC (direct current) adalah pompa transfer yang memiliki sistem perpindahan/transfer secara langsung (direct). Sedangkan untuk pompa AC (alternating current) Transfer pump merupakan pompa transfer yang memiliki sistem perpindahan cairan atau material secara bolak-balik.

Keduanya apabila dibandingkan secara apple to apple, tentunya memiliki beberapa perbedaan. Baik itu dalam perbedaan karakteristik, cara kerja hingga fungsi penggunaannya. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih banyak pompa transfer DC. Mulai dari karakteristik dan penggunaan, manfaat dari alat serta ragam jenisnya.

Pompa DC sering digunakan sebagai sistem utama pada mesin pemindah tanah atau pada area-area konstruksi. Hal ini dikarenakan berkat ukurannya yang ringkas, fleksibel, dapat diandalkan serta aman. Akhir-akhir ini pun penggunaan pompa DC lebih digemari dibandingkan dengan pompa AC. Hal ini didukung oleh beberapa faktor. 

Salah satunya berkaitan pengalaman pengguna (user experience) dari kedua jenis alat tersebut. Dimana secara penggunaan, pompa transfer DC memiliki sejumlah keunggulan dan manfaat yang lebih. Walaupun dalam beberapa kasus pompa AC bisa menjadi solusi yang tepat. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pompa DC berada pada tahap penggunaan yang lebih optimal dibandingkan dengan jenis AC.


Manfaat dalam Penggunaan Pompa Transfer DC

Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari penggunaan Pompa DC. Poin manfaat ini juga menjadi nilai plus dibandingkan dengan jenis pompa AC. Beberapa diantaranya seperti:

Tingkat Keamanan yang lebih baik. Dalam aspek ini, pompa DC diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Salah satu contohnya yaitu aman dari kecelakaan akibat sengatan listrik.

 

Baca juga : Transfer Pump: Perbedaan Jenis AC vs DC


Proses Instalasi yang lebih mudah. Pompa DC dapat dipasang atau diaplikasikan dimana saja. Hal ini dikarenakan pompa DC menggunakan baterai sebagai catu daya, sehingga bisa digunakan tanpa perlu tersambung ke aliran listrik.
Terkenal dengan nilai efektivitas tinggi dan hemat energi. Secara harga, dapat dikatakan bahwa pompa DC lebih mahal dibandingkan dengan pompa AC. Namun pompa DC jauh lebih efisien dan hemat energi jika ditinjau berdasarkan penggunaan energinya.
Lebih awet dan tahan lama. Pompa transfer AC menggunakan kumparan alumunium berlapis tembaga untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan harga murah. Sementara untuk pompa DC menggunakan kumparan tembaga murni dan teknologi motor yang lebih maju untuk menjamin keawetan dan masa pakai yang lebih lama.

 

Ragam Jenis dan Merk Pompa Tranfer Terbaik

Salah satu produk pompa transfer DC dengan merk terbaik yang ada di pasaran saat ini adalah Pompa DC Fill Rite. Produk Fill Rite merupakan salah satu produk alat-alat industri yang memiliki demand tinggi di Indonesia. Hal ini karena faktor kualitas dan harganya. Dimana secara kualitas sudah terjamin, dan dijual dengan harga terjangkau.

PT. Badja Abadi Sentosa adalah distributor resmi dari poduk Fill Rite di Indonesia yang di tunjuk langsung oleh Gorman-Rupp company Amaerika. Disini pun tersedia beberapa jenis pompa transfer DC, diantaranya yaitu Fill Rite Flow Meter FR 1211 dan Fill Rite Flow Meter FR 2411. 

Fill Rite pompa DC seri 1200 dibuat dengan konstruksi besi tuang agar lebih tahan lama. Selain itu pada seri ini memiliki instalasi sederhana dengan kotak sambungan yang dapat diputar. Pompa DC seri ini dapat digunakan untuk transfer beberapa jenis cairan, seperti solar, bensin, B20 dan minyak. Berikut ini merupakan spesifikasi dari Fill Rite Pompa DC seri 1200

Laju aliran  : 0-15 GPM
Maks. Tekanan : 16 PSI
Akurasi  : +/- 1%
Tegangan  : 12 volt
Bahan  : Cast Iron

Kemudian untuk Fill Rite Pompa DC seri 2400 menggunakan bahan konstruksi yang sama. Pompa ini sangat ideal untuk memompa bensin yang digunakan untuk jenis cairan solar dan minyak tanah. Berikut untuk spesifikasi lebih lanjut dari Fill Rite Pompa DC FR 2411

Laju aliran  : 57 LPM / 15 GPM
Tegangan  : 24 volt DC
Maks. Tekanan : 16 PSI
Akurasi  : +/- 1%
Bahan  : Alumunium

Selain kedua jenis ini, masih ada beberapa produk pompa DC merk Fill Rite lainnya. Beberapa diantaranya seperti Fill Rite Pompa NX3204, Fill Rite Pompa FR 1612, dan Fill Rite Pompa RD 812. Untuk info lebih lengkapnya, anda bisa berkunjung langsung ke website kami di fillriteflowmeterindonesia.com yang merupakan sub diary dari Badjaabadisentosa.com