Home / Fill-Rite Indonesia / Variety of Mechanical Flow Meters Brand Fill Rite

article Variety of Mechanical Flow Meters Brand Fill Rite cover image
05 August 2022 Fill-Rite Indonesia

Variety of Mechanical Flow Meters Brand Fill Rite

Pengukur aliran mekanis (mechanical flow meter) merupakan satu dari sekian banyak jenis flow meter di pasaran. Mechanical Flow meter merupakan salah satu jenis pengukur aliran yang menggunakan pengaturan bagian dalam (moving parts) yang bergerak. Bagian dalam dari jenis alat ini biasanya terdiri atas baling-baling dan roda dayung. Fluida atau cairan yang diukur akan bergerak melewati serangkaian roda gigi berupa turbin/rotor yang bergerak. Sehingga aliran fluida tersebut akan menghasilkan data yang dapat diukur.

 


Berdasarkan prinsip kerjanya, Pengukur aliran mekanis sangat berbeda apabila dibandingkan dengan electromagnetic dan ultrasonic flow meter. Jenis flow meter ini dapat dengan mudah memantau laju aliran cairan untuk air. Selain itu, alat ini juga dapat mengukur jenis fluida lainnya seperti bahan bakar (fuel) dan cairan dengan viskositas tinggi.

 

 

Prinsip Kerja Mechanical Flow Meters

 


Alat ini bekerja dengan mengukur kecepatan aliran air yang mengalir melalui pipa sehingga menyebabkan turbin atau piston di dalamnya berputar. Laju aliran volumetrik air sebanding dengan kecepatan rotasi dari rotornya. Jadi semakin besar atau cepat arus air yang mengalir, maka putaran dari turbin/rotor yang ada di dalamnya alat ini juga semakin cepat.

 


Jenis flow meter ini tentu memiliki beberapa poin keunggulan maupun kekurangan di dalam pengoperasiannya. Salah satu nilai plus dari jenis flow meter ini yakni merupakan alat pengukur aliran yang paling umum dan ekonomis yang ada di pasaran. Sehingga secara harga mungkin lebih murah dibandingkan dengan flow meter lain untuk fungsi yang sama (pengukur laju fluida jenis air).

 


Akan tetapi, terdapat pula beberapa poin minus dari jenis flow meter ini. Beberapa diantaranya seperti alat ini tidak dapat berfungsi dengan baik pada arus aliran air yang rendah. Disamping itu, kelemahan lainnya yakni mechanical flow meter sangat rentan mengalami penyumbatan ketika air yang melintas berupa air kotor atau memiliki partikel yang lebih besar.

 

 

Pengukur Aliran Mekanis Fill Rite yang Dijual oleh PT. BAS

 

 

Setelah pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai produk-produk flow meter untuk jenis flow meter digital dan oval gear flow meter. Kali ini akan dibahas terkait produk mechanical flow meters apa saja yang tersedia. Saat ini terdapat beberapa tipe pengukur aliran mekanis, seperti Fill Rite Flow Meter Mechanical FR 901CL1.5 dan tipe FR 806C.

 


1. Fill Rite Flow Meter Mechanical FR 901CL 1.5


Pengukur aliran mekanis tipe 901CL ini adalah pengukur aliran bahan bakar mekanis 4-digit. Meteran ini juga dilengkapi dengan lubang NPT dan dirancang untuk mencatat 23-151 liter/menit pada akurasi +/- 2%. Secara penggunaan, flow meter ini cocok untuk material cairan seperti solar dan minyak tanah.

 


Konstruksi dari mechanical flow meter ini terbuat dari bahan alumunium. Dimana bahan ini diklaim kokoh, memiliki daya tahan maksimum dan ketahanan akan korosi dalam jangka waktu lama. Kemudian secara teknologinya, pada alat ini sudah disematkan teknologi nutating disc. Dimana adanya teknologi ini mampu memindahkan karat dan serpihan kecil yang macet dan menyebabkan kerusakan pada alat.

 

 

2. Fill Rite Flow Meter Mechanical FR 806C


Berbeda dengan seri 900, pada seri ini tepatnya pada tipe FR 806C ini berupa pengukur aliran mekanis 3-digit. Namun untuk alat ini dirancang untuk mencatat 5-20 galon per menit pada akurasi +/- 1%. Untuk spesifikasi lainnya pada umumnya hampir mirip dengan flow meter yang seri 900. Flow meter mekanis tipe ini cocok digunakan pada cairan bensin, bahan bakar diesel dan minyak tanah.

 

 

Apabila anda tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar kedua barang ini. Anda dapat berkunjung langsung ke website kami di https://fillriteflowmeterindonesia.com/. Karena di website tersebut kami juga menyediakan layanan tanya jawab seputar produk-produk Fill Rite Flow Meter.