Home / Fill-Rite Indonesia / Oval Gear Meter: Pengertian dan Aplikasinya

article Oval Gear Meter: Pengertian  dan Aplikasinya cover image

Oval Gear Meter: Pengertian dan Aplikasinya

Oval gear meter merupakan salah satu jenis alat pengukur aliran. Alat ini pertama kali ditemukan oleh OVAL Corporation dari Jepang lebih dari 50 tahun lalu. Secara general, oval gear meter menggunakan pasangan rotor roda gigi yang berputar. Perputaran dari roda gigi ini dipengaruhi oleh kecepatan aliran yang melaluinya.

 

Pengukur aliran oval dirancang untuk berfungsi dalam aplikasi yang memerlukan volume pengeluaran yang akurat. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada berbagai jenis fluida. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian, cara kerja hingga aplikasinya di dunia industri.

 

Pengertian Oval Gear Meter

 

Seperti sudah dijelaskan pada bagian awal, oval gear meter bekerja dengan menggunakan dua buat roda gigi yang terpasang sejajar. Dimana roda gigi inilah yang akan berputar seiring dengan aliran yang melaluinya. Semakin cepat aliran fluida, maka nilainya akan berbanding lurus dengan perputaran roda giginya. Dari berputarnya roda gigi tersebut, maka akan dihasilkan informasi mengenai hasil pengukuran.

 

Pengukur aliran oval memiliki tingkat akurasi yang sangat baik. Sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan di ranah yang membutuhkan pengukuran tingkat tinggi. Dengan nilai akurasi yang baik, maka hasil output nilai tentu menjadi lebih optimal. Pada dasarnya, akurasi dari oval gear meter meningkat seiring dengan meningkatnya viskositas (kekentalan) fluida yang diukur.

 

Cara Kerja Oval Gear Flow Meter 

 

Oval Gear Flow Meter terdiri dari pasangan rotor roda gigi dengan bentuk oval yang berputar di dalam wadah geometri tertentu. Ketika terdapat aliran yang masuk melalui roda gigi ini, tentu akan menghasilkan adanya tekanan fluida. Perbedaan tekanan fluida inilah yang menyebabkan roda gigi kemudian berputar.

 

 

Kedua roda gigi yang berada dalam internal alat berputar secara berlawanan arah. Ketika cairan (fluid) masuk, maka secara langsung akan memutar dan membentuk sebuah “kantong”. Dimana setiap “kantong” yang terbentuk menampung volume cairan yang tepat baik itu pada bagian atas maupun bawah dari roda gigi.

 

Frekuensi dari terbentuknya “kantong” tersebut memberikan pengukuran aliran laju volumetrik. Dimana dalam hal ini biasanya diukur dengan menanamkan sebuah magnet pada rotor. Magnet inilah yang nantinya akan menggerakkan saklar dan memberikan output sehingga aliran fluida yang melalui alat ini dapat diukur secara elektronik.

 

Secara sepintas, prinsip kerja dari flow meter ini cukup sederhana. Aliran fluida atau cairan yang masuk ke dalam flow meter ini akan membuat roda gigi berputar. Kecepatan perputaran dari roda gigi sangat dipengaruhi oleh besarnya aliran fluida yang melaluinya. Ketika roda gigi sudah berputar, maka alat ini akan mengirimkan sensor yang akan langsung terbaca oleh meteran yang mengindikasikan total jumlah aliran yang mengalir melalui flow meter.

 

Walaupun dapat dikatakan prinsip kerja dari Oval Gear Meter ini cukup sederhana. Namun jenis flow meter ini memiliki beberapa keunggulan apabila dibandingkan dengan jenis lainnya. Salah satu yang paling menonjol yaitu pada tingkat akurasinya yang terbilang sangat tinggi. Hal ini tentu dapat dibandingkan dengan jenis flow meter lainnya.

 

Aplikasinya dalam Dunia Industri

 

Pengukur aliran oval dapat diaplikasikan di berbagai jenis industri. Berikut ini merupakan daftar industri atau bidang industri yang dapat menggunakan pengukur aliran oval sebagai alat pengukur alirannya.

 

-Pabrik produksi kimia: soda kaustik, kalium hidroksida, asam asetat dan air demineralisasi

-Industri makanan: larutan gula, sirup, minyak, saus, madu, produk susu, jus, alcohol dan etanol

-Industri farmasi: alcohol, sirup, dan gliserin

-Pabrik kosmetik: sampoo, gel, parfum dan krim

-Pemrosesan minyak dan gas: bahan bakar dan pelumas

-Industri air dan air limbah: bahan kimia, fluoride dan asam

-Pabrik pengolahan kertas (pulp): pelapis lilin, parfum, pewarna dan asam dalam industri pulp dan kertas

-Percetakan: tinta

-Bidang otomotif: cairan transmisi, glikol, cairan klimatisasi viskositas rendah dan oli hidrolik

-Industri tekstil: pewarna, pemutih dan bahan kimia

-Perminyakan: minyak, bensin, biodiesel, aditif dan minyak tanah

-Pabrik pembuatan cat: cat berbasi pelarut dan lateks

-Pabrik pembuatan kapal: minyak pelumas, bahan bakar dan minyak laut

-Industri pertambangan: minyak, bahan bakar dan pelumas

-Industri logam: minyak pemanas, bahan bakar dan minyak

-Pabrik pembuatan lem: lem berbahan dasar air akrilik, pelarut dan bahan pembersih

 

Distributor Resmi Fill-Rite Oval Gear Meter

 

P.T Badja Abadi Sentosa merupakan penyedia alat-alat industri terkemuka di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1989, PT ini telah bertranformasi menjadi PT besar dan bekerja sama dengan beberapa produsen alat-alat industri kualitas dunia. Salah satunya yaitu Fill Rite Flow Meter

 

Fill Rite Flow Meter Indonesia merupakan subsidiary dari PT. Badja Abadi Sentosa yang merupakan distributor tunggal dan resmi produk Fill Rite di Indonesia. Beberapa jenis produk fill rite tersedia disini. Dimana salah satunya yaitu oval gear meter. Jenis oval gear meter merk Fill Rite yang dijual antara lain TS Oval Gear Meters dan TM Mini Oval Gear Meters.

 

TS Oval Gear adalah versi umum dari pengukur aliran oval. Dimana jenis ini terbagi kedalam beberapa model seperti TS10, TS15, TS20 dan TS30. Sementara itu, TM mini oval gear merupakan versi mini dari alat ini. Adapun jenis TM mini oval gear ini terdiri dari TM02, TM03, TM04 dan TM06. Untuk informasi dan spesifikasi lebih jelasnya, anda dapat mengunjungi website resmi dari Fill Rite Flow Meter Indonesia di https://fillriteflowmeterindonesia.com/