Home / Fill-Rite / Oval Gear Flow Meter: Prinsip Kerja dan Keunggulan

article Oval Gear Flow Meter: Prinsip Kerja dan Keunggulan cover image
28 June 2022 Fill-Rite

Oval Gear Flow Meter: Prinsip Kerja dan Keunggulan

Oval Gear Flow Meter merupakan salah satu jenis flow meter yang beredar di pasaran dan diaplikasikan sebagai alat pengukuran aliran. Berdasarkan sejarah singkatnya, alat ini pertama kali ditemukan oleh OVAL Corporation dari Jepang lebih dari 50 tahun lalu. Sebagai salah satu dari jenis flow meter, Oval Gear Meter ini memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis lainnya.

 

Salah satunya yaitu mengenai prinsip kerja yang digunakan pada alat flow meter satu ini. Dimana Oval Gear Meter ini menggunakan pasangan rotor roda gigi yang berputar ketika dilalui oleh aliran. Adapun untuk penjelasan lebih lanjut mengenai prinsip kerja dari flow meter ini akan dibahas sebagai berikut.

 

Prinsip Kerja Oval Gear Flow Meter

 

Oval Gear Flow Meter terdiri dari pasangan rotor roda gigi dengan bentuk oval yang berputar di dalam wadah geometri tertentu. Ketika terdapat aliran yang masuk melalui roda gigi ini, tentu akan menghasilkan adanya tekanan fluida. Perbedaan tekanan fluida inilah yang menyebabkan roda gigi kemudian berputar. Adapun untuk ilustrasi bagaimana sistem kerja dari Oval Gear Meter dapat dilihat pada gambar berikut.

Oval Gear Flow Meter merupakan salah satu jenis dari flow meter. Alat ini bekerja dengan prinsip pasangan roda gigi oval yang berputar

 

Pada gambar, dapat diamati juga bahwa kedua roda gigi yang terdapat dalam wadah berputar secara berlawanan arah. Ketika cairan (fluid) masuk, maka secara langsung akan memutar dan membentuk sebuah “kantong”. Dimana setiap “kantong” yang terbentuk menampung volume cairan yang tepat baik itu pada bagian atas maupun bawah dari roda gigi.

 

Frekuensi dari terbentuknya “kantong” tersebut memberikan pengukuran aliran laju volumetrik. Dimana dalam hal ini biasanya diukur dengan menanamkan sebuah magnet pada rotor. Magnet inilah yang nantinya akan menggerakkan saklar dan memberikan output sehingga aliran fluida yang melalui alat ini dapat diukur secara elektronik.

 

Secara sepintas, prinsip kerja dari flow meter ini cukup sederhana. Aliran fluida atau cairan yang masuk ke dalam flow meter ini akan membuat roda gigi berputar. Kecepatan perputaran dari roda gigi sangat dipengaruhi oleh besarnya aliran fluida yang melaluinya. Ketika roda gigi sudah berputar, maka alat ini akan mengirimkan sensor yang akan langsung terbaca oleh meteran yang mengindikasikan total jumlah aliran yang mengalir melalui flow meter.

 

Walaupun dapat dikatakan prinsip kerja dari Oval Gear Meter ini cukup sederhana. Namun jenis flow meter ini memiliki beberapa keunggulan apabila dibandingkan dengan jenis lainnya. Adapun kelebihan atau keunggulan dari Oval Gear Flow Meter ini akan diuraikan sebagai berikut.

 

Lihat produk kami: Fill-Rite Flow Meter Indonesia

 

Kelebihan dari Penggunaan Oval Gear Flow Meter

 

Keunggulan yang paling utama dari alat ini berkaitan dengan tingkat keakuratan dalam pengukurannya. Dimana jenis flow meter ini memiliki tingkat akurasi pengukuran yang tinggi, dengan nilai basic error umumnya sebesar ±0.5%R. Bahkan uniknya lagi nilai basic error-nya bisa mencapai ±0.2%R atau lebih tinggi. Sehingga Oval Gear Meter cocok digunakan pada lingkungan yang membutuhkan pengukuran dengan tingkat presisi yang tinggi.

 

Kedua, Oval Gear Flow Meter ini tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat akurasi pengukuran saat mengukur aliran rotasi dan distorsi pada bidang kecepatan aliran. Sehingga tidak menyebabkan aliran pipa tersedak. Disamping itu, jenis flow meter ini tidak memiliki persyaratan khusus mengenai jenis pipa khususnya pada pipa lurus bagian depan.

 

Ketiga, alat ini dapat serta cocok digunakan untuk mengukur aliran fluida dengan tingkat viskositas atau kekentalan yang tinggi, dengan rentang aliran yang lebar. Umumnya flow meter jenis ini mampu mengukur aliran fluida dengan viskositas 10:1 hingga 5:1. Namun lebih spesialnya lagi, jenis Flow Meter ini juga mampu mengukur aliran dengan tingkat viskositas mencapai 30:1 bahkan lebih.

 

Adapun keunggulan yang terakhir dari Oval Gear Meter ini yakni dengan kemampuan pembacaan aliran secara langsung di tempat, aliran total keseluruhan atau kumulatif dapat langsung diukur tanpa perlu menggunakan external power supply. Selain itu berdasarkan poin pengalaman penggunaannya, flow meter ini cukup nyaman ketika dioperasikan serta didukung tampilan pengukuran yang jelas. Oval Gear Meter menggunakan kombinasi dari elemen pengukuran untuk mengukur aliran pada metode tidak langsung.

 


Kekurangan dalam Penggunaan

 

Namun seperti halnya flow meter pada umumnya, Oval Gear Flow Meter juga memiliki beberapa limitasi atau kekurangan dalam penggunaannya. Beberapa limitasi dari penggunaan jenis flow meter ini antara lain:

 

- Tidak cocok untuk uap atau jenis aliran multifase (multi-phase fluids). Aliran multifase merupakan aliran material secara simultan dengan dua atau lebih fase termodinamika.

- Karakteristik cairan atau fluida yang mengalir dapat mempengaruhi akurasi pengukuran. Limitasi ini bergantung pada laju aliran, perbedaan tekanan, temperatur, serta viskositas (kekentalan)

- Kurang direkomendasikan pada jenis cairan (fluida) dengan viskositas rendah. Beberapa contohnya seperti cairan berupa air atau fluida yang viskositasnya menyerupai air. Hal ini dikarenakan jika cairan dengan viskositas rendah digunakan pada flow meter jenis ini, dapat menurunkan tingkat akurasi pengukuran yang disebabkan oleh kelicinan jenis fluida (fluid slippage)

- Selain dipengaruhi oleh karakteristik dan viskositas fluida, tingkat akurasi dari penggunaan Oval Gear Flow Meter ini juga dipengaruhi oleh gelembung yang terdapat pada cairan.

 

Oval Gear Flow Meter utamanya digunakan untuk mengukur media ataupun fluida dengan viskositas tinggi. Jenis produk flow meter ini secara luas sering dioperasikan pada bidang perminyakan, petrokimia, gas alam, kimia serta industri pembuatan kertas. 

 

P.T. Badja Abadi Sentosa yang merupakan salah satu distributor untuk penjualan berbagai macam jenis flow meter, juga menjual beberapa macam produk  Oval Gear Flow Meter. Adapun beberapa produk yang dijual seperti TM Mini Oval Gear Meters dan TS Oval Gear Meters. TM Mini Oval Gear Meters dari P.T Badja Abadi Sentosa merupakan Oval Gear Flow Meter termurah di Indonesia. Disamping itu, produk ini dijamin berkualitas dan sudah pasti original.

 

Selain itu, juga terdapat produk lainnya yaitu TS Oval Gear Meters yang dijamin original dengan jaminan garansi hingga 100%. Untuk info selengkapnya, bisa dicek melalui website kami.