Home / Fill-Rite Indonesia / Ketahui Fungsi Fuel Filter Agar Mesin Tahan Lama

article Ketahui Fungsi Fuel Filter Agar Mesin Tahan Lama cover image
21 November 2022 Fill-Rite Indonesia

Ketahui Fungsi Fuel Filter Agar Mesin Tahan Lama

Fuel filter berkualitas akan membuat mesin Anda bekerja secara optimal. Dengan produk dan perawatan yang tepat, maka fungsi fuel filter ini akan bekerja secara optimal. Selain itu, fuel filter dapat membantu Anda dalam memelihara mesin agar awet dan tahan lama.

 

Pentingnya Merawat Fuel Filter dengan Baik

 


Walaupun terdengar seperti hal yang sepele, namun saringan bahan bakar memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan mesin Anda. Mengganti fuel filter harus dilakukan secara berkala.

 

Jika Anda tidak mengganti fuel filter pada sebuah mesin, maka siap-siap untuk menghadapi masalah lain yang akan timbul di kemudian hari, seperti mogok dan mati total.

 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara terperinci mengenai fungsi fuel filter pada mesin yang Anda gunakan.

 

Fakta Mengenai Fuel Filter


Fuel filter adalah sebuah alat yang dapat menyaring bahan bakar dari material yang tidak merusak, saringan bahan bakar ini adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mesin. 

 

Fuel filter bekerja dengan menyaring fluida bahan bakar sebelum mengalir masuk ke dalam pompa mesin. Jika bahan bakar terlalu lama mengendap pada tangki sebuah mesin, maka lama-kelamaan karat ini akan menimbulkan kerak yang merusak.

 

Ketika karat ini rontok dan terbawa oleh bahan bakar yang akan menjadi energi, maka besar kemungkinan karat ini akan menyumbat laju bahan bakar Anda dan membuat mesin ngadat. Inilah sebab utamanya mengapa peran fuel filter sangat krusial untuk mesin.

 

Kenali Fungsi Fuel Filter

 


Sebagai salah satu komponen terpenting pada sebuah mesin, fungsi fuel filter tak boleh diremehkan. Bahkan, jika filter ini tidak diganti secara berkala maka akan menyebabkan kerusakan pada mesin yang Anda miliki.

 

Berikut beberapa fungsi utama dari fuel filter mesin: 

 

1. Penyaring Kotoran


Saringan bahan bakar memiliki fungsi utama sebagai penyaring kotoran. Seperti yang sudah disebutkan secara ringkas di atas, kotoran ini biasanya berupa karat yang menempel pada tangki bahan bakar.

 

Ketika karat ini masuk ke dalam saluran bahan bakar dan menghambat alur dari bahan bakar mesin Anda maka akan mengakibatkan berbagai efek negatif seperti: mesin ngadat, susah menyala, bahkan dalam kasus yang parah dapat menyebabkan sebuah mesin mati total.

 

Sebelum itu terjadi, ada baiknya Anda mulai memperhatikan siklus guna dari fuel filter pada mesin Anda. 

 

2. Sebagai Pemisah Air pada Bahan Bakar


Dalam setiap bahan bakar pada tangki mesin Anda, ada kemungkinan terkontaminasi dengan kadar air dalam jumlah tertentu. Sebabnya bervariasi, bisa melalui percikan air yang masuk melalui sela mesin, kebocoran, atau bahkan kandungan bahan bakar itu sendiri yang tidak murni.

 

Selain itu, jika hal ini terjadi karena kinerja saringan bahan bakar yang tidak optimal, maka air ini dapat menimbulkan karat hingga merusak mesin dengan efek yang jauh lebih merugikan.

 

Di sinilah pentingnya fungsi dari fuel filter pada sebuah mesin. Air dalam jumlah tertentu dapat tersaring dengan baik sehingga tidak masuk dan merusak mesin.

 

3. Pengatur Aliran Bahan Bakar


Fungsi lain yang tak kalah penting dari fuel filter adalah sebagai pengatur aliran bahan bakar. Dalam berbagai kondisi, aliran bahan bakar pada sebuah mesin dapat memiliki tekanan yang bervariasi.

 

Fuel filter berfungsi sebagai saringan yang mengatur aliran bahan bakar agar tidak membanjiri bagian ruang pembakaran sekaligus menyaring agar material yang merugikan tidak masuk ke sana.

 

Fuel Filter Fill Rite, Pilihan Terbaik untuk Mesin
 

Setelah mengetahui fungsi fuel filter yang dapat membuat mesin Anda lebih awet, kami akan memberikan rekomendasi produk fuel filter berkualitas dari Fill Rite. Sebuah perusahaan penyedia pompa bahan bakar dan saringan bahan bakar dengan kualitas yang tinggi.

 

Fuel filter Fill Rite memiliki banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan mesin Anda, seperti Fill Rite Filter Hydrosorb, Fill Rite Filter Particulate, Fuel filter Oval Gear Meter.