Home / Fill-Rite Indonesia / Jangan Remehkan, Ini Tanda Mesinmu Butuh Fuel Filter Replacement

article Jangan Remehkan, Ini Tanda Mesinmu Butuh Fuel Filter Replacement cover image
23 November 2022 Fill-Rite Indonesia

Jangan Remehkan, Ini Tanda Mesinmu Butuh Fuel Filter Replacement

Kapan seseorang harus melakukan fuel filter replacement? Banyak orang mengabaikan pertanda itu dan berakibat fatal bagi mobil kesayangan. Padahal kita harus merawat kendaraan bermotor harus agar awet dan kenyamanannya tetap terjaga.

 

Hal ini karena mobil adalah sarana transportasi sehari hari. Intensitas penggunaannya tinggi sehingga maintenance mesin terutama penyaring cairan bahan bakar wajib diperhatikan.

 

Fuel filter adalah bagian utama untuk menyaring sekaligus membersihkan bensin ketika masuk dalam kendaraan. Sebelum dikirimkan ke fuel pump, bensin harus bersih agar tidak terjadi pengendapan.

 

Proses pembakaran tidak boleh banyak endapan karena menyebabkan karat. Oleh sebab itulah penggantian filter bensin mobil kotor sifatnya rutin dan tidak boleh telat. Umumnya kita melakukan tindakan tersebut ketika mobil melalui jarak setiap 40.000 km. 

 

Akibat dan Bahaya Fuel Filter Kotor
 

 

Keadaan fuel filter kotor menyebabkan berbagai macam kerusakan pada mobil. Jika Anda termasuk orang yang cuek maka perlu memerhatikan hal tersebut mulai sekarang. Jangan sampai terjadi kendala seperti mobil tersendat-sendat.

 

Ternyata kondisi tersebut tidak hanya terjadi ketika kendaraan berusia lebih dari lima tahun. Peformanya tentu kurang maksimal bahkan tingkat kenyamanan akan berkurang. Rasanya seperti mobil mogok namun masih bisa jalan meskipun tersendat.

 

Ini terjadi akibat fuel filter kotor lalu bensin sulit tersalurkan secara lancar. Jika tidak memedulikan nya maka kendaraan berhenti bahkan susah menyala. Memaksakan keadaan hanya akan membuat aki menjadi boros.

 

Masalah semakin parah ketika kerusakan tersebut merembet hingga ke komponen penting lainnya. Bukan hanya terasa berat dan tidak lancar saat bergerak melainkan mobil Anda mengalami korosi atau karatan.

 

Tersumbatnya fuel filter kendaraan membuat pembakaran tidak sempurna. Selain kemasukan pasir, endapan debu dan material asing, air juga terkendala. Endapan tersebut menempel pada dinding-dinding blok silinder. Sebagai akibatnya, area ruang bakar bisa mengalami kebocoran.

 

Tanda-Tanda Fuel Filter Harus Segera Diganti 

 

 

Fuel filter mobil kalau sudah rusak dan perlu penggantian pasti mempunyai pertanda khusus. Anda bisa merasakan sendiri walaupun masih awam terhadap dunia otomotif dan perbengkelan. Untuk mempermudah pengecekan, berikut tanda-tanda yang harus Anda waspadai:

 

1. Mesin Sulit Dinyalakan


Kondisi ini menyebabkan beberapa masalah pada mobil mulai ringan hingga fatal. Misalnya, Anda kehabisan aki atau bensin. Cukup sulit menjadikannya sebagai patokan ketika mesin penyaring kotor hingga rusak

 

Untuk memastikan fuel filter kendaraan maka periksa semua lampu kendaraan terlebih dahulu. Jika semua berfungsi normal berarti aki masih berfungsi dengan sempurna. Sedangkan bagian pengecekan bensin melalui mesin pengukur mudah terbaca.

 

2. Mesin Sering Mati Mendadak


Hal ini terjadi ketika Anda sudah menggunakan kendaraan di jalan. Awalnya terasa normal namun di tengah perjalanan mesin mati secara mendadak. Ketika membiarkan fuel filter mobil penuh endapan kotor maka kinerja mesinnya akan terhalang.

 

3. Penurunan Performa Mesin


Tanda selanjutnya filter bensin mobil kotor merupakan kondisi mesin yang tidak bekerja normal seperti biasa. Mungkin Anda merasa kecepatannya berkurang dan tarikannya berat. Proses pemindahan gigi menjadi agak tersendat. Adapun masalah lain yaitu sering tersendat-sendat ketika digunakan.

 

4. Putaran Mesin Tidak Normal


Jangankan saat berjalan, mobil mengalami ketidaknormalan dalam kondisi diam. Penyebabnya adalah putaran mesin terganggu meskipun rpm sudah Anda naikkan. Jika ini terjadi maka bagian fuel filter perlu replacement.

 

5. Komponen Mesin Berkarat


Kalau sudah berkarat maka proses perbaikan mobil akan berlangsung lama. Bahkan perlu penggantian beberapa komponen sekaligus sehingga biayanya bertambah mahal. Baik fuel filter diesel atau pun bensin sama-sama beresiko korosi jika kondisinya kotor.

 

6. Boros Bahan Bakar


Tanda terakhir yaitu penggunaan bahan bakar yang boros. Fuel tank atau tanki cepat kosong padahal Anda baru mengisinya penuh. Ini terjadi karena tidak lancarnya penyaluran bahan bakar dan hanya menguap percuma.

 

Lakukan Perawatan dan Penggantian Filter Tepat Waktu


Segera lakukan fuel filter replacement di bengkel kami. Pastikan Anda membeli barang yang asli dengan jaminan mutu dan garansi. Perawatan yang tepat dan penggantian tepat waktu dijamin akan membuat filter Anda semakin awet untuk digunakan.