Home / Fill-Rite Indonesia / Jenis Pompa Bahan Bakar dan Fungsinya

article Jenis Pompa Bahan Bakar dan Fungsinya cover image
21 April 2024 Fill-Rite Indonesia

Jenis Pompa Bahan Bakar dan Fungsinya

Jenis Pompa Bahan Bakar

Setiap jenis pompa bahan bakar memiliki fitur unik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana mereka bekerja. Misalnya, saat membeli pompa bahan bakar, Anda perlu mengetahui apakah pompa bahan bakar tersebut akan menyalurkan bensin ke karburator atau ke sistem injeksi bahan bakar.

 

Pompa bahan bakar adalah alat pemindah cairan untuk memompa bensin dari tangki bahan bakar ke mesin dan biasa terlihat pada mesin pembakaran internal. Pelajari lebih lanjut tentang pompa ini dan jenisnya dalam ulasan berikut.

 

Jenis Pompa Bahan Bakar di Pasaran


Fungsi pompa bahan bakar mesin bensin memindahkan bensin dari tangki ke tangki bahan bakar, tempat karburator mencampur bahan bakar dengan udara dan mengangkutnya ke ruang bakar mesin.

Secara garis besar, berikut beberapa pompa bahan bakar yang bisa Anda pertimbangkan dan gunakan.

pompa bahan bakar mekanis

1. Pompa Bahan Bakar Mekanis 


Pada dasarnya pompa bahan bakar ini bertekanan rendah, tetapi juga dapat digunakan dalam aplikasi bertekanan tinggi yang fungsi utamanya adalah memindahkan bensin dari tangki ke tangki bahan bakar mesin pengapian. Ada dua jenis dari pompa bahan bakar mekanis yakni pompa bahan bakar jenis diafragma  dan pompa bahan bakar piston.

 

2. Pompa Bahan Bakar Diafragma


Pompa perpindahan positif yang menarik bahan bakar dengan cara melebarkan dan menekan diafragma. Katup periksa saluran masuk dan katup keluar, yang merupakan katup satu arah, membentuk badan pompa.

 

Ketika diafragma dikompresi dan bensin dihisap melalui katup masuk, tekanan di dalam pompa turun di bawah tekanan atmosfer.

Bahan bakar di dalam pompa dipaksa melalui katup buang saat diafragma mengembang. Sebuah tuas yang digerakkan oleh pergerakan bubungan eksentrik mengontrol gerakan teleskopik diafragma. Bubungan eksentrik ini dihubungkan ke poros engkol mesin dengan susunan gigi yang sesuai.

 

3. Pompa Bahan Bakar dengan Plunger


Termasuk pompa perpindahan positif yang menggunakan gerakan bolak-balik piston untuk menarik dan mendistribusikan bahan bakar. Piston ditempatkan di dalam silinder, dan satu sisi piston dihubungkan ke poros bubungan melalui batang dorong. Katup dipasang pada ujung silinder.

 

Ketika piston bergerak mundur, bahan bakar ditarik ke dalam silinder, dan ketika piston bergerak maju, bahan bakar dipaksa keluar dari silinder. Meski tekanan bensin yang dihasilkan oleh pompa mekanis  konstan, banyak bagian bergerak yang  memerlukan perawatan yang tepat.

Pompa yang ini sudah tidak digunakan lagi karena mobil sudah berganti dari karburator ke sistem injeksi bahan bakar.

 

4. Pompa Bahan Bakar Listrik


Banyak dijumpai pada sistem injeksi bahan bakar yang merupakan bagian integral dari mobil masa kini. Hal ini menciptakan tekanan tinggi dan mengeluarkan bensin dari pompa.

 

Tekanan yang sangat besar ini dapat menyebabkan bensin di dalam pompa menyala sehingga menimbulkan ledakan. Oleh karena itu, demi alasan keamanan, pompa bahan bakar listrik sebaiknya dijauhkan dari mesin, terutama tangki bensin.

 

Aki kendaraan menyediakan daya yang diperlukan untuk mengoperasikan pompa bahan bakar. Terdapat pula electronic control unit  (ECU) yang mengatur tekanan keluaran dan volume bensin serta mengukur bahan bakar yang masuk dari tangki.

 

Unit kontrol menghemat bahan bakar di dalam mobil, sehingga meningkatkan efisiensi dan kinerja. Struktur pompa bahan bakar listrik ditunjukkan pada gambar.

 

5. Pompa Bahan Bakar dengan Tekanan Tinggi


Sering digunakan pada mesin  pembakaran dalam untuk menginjeksikan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Pompa jenis ini beroperasi pada tekanan di atas 200 Pascal. Sistem pompa ini sangat kompleks dan cukup tahan lama untuk menangani tekanan tinggi.

 

Sistem dasar pompa bertekanan tinggi, termasuk rel aliran, unit pengukuran, dan unit distribusi, membantu pompa mengalirkan bahan bakar ke ruang bakar tanpa membuang atau mengisi bahan bakar.  

 

Kami merekomendasikan untuk mengunjungi Fill Rite Meter Indonesia jika butuh berbagai jenis pompa bahan bakar berdasarkan kebutuhan dan aplikasi Anda. Kami menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan harga yang terjangkau.

 

Menariknya, setiap pembelian produk asli Fillrite akan disertakan dengan dokumen keaslian barang seperti sertifikat. Selain itu, tiap pembelian produk Fillrite, akan mendapatkan garansi after sales resmi dari kami.