Home / Fill-Rite Indonesia / Jenis dan Fungsi Flow Meter - Fill Rite Flow Meter FR 311

article Jenis dan Fungsi Flow Meter - Fill Rite Flow Meter FR 311 cover image
16 November 2023 Fill-Rite Indonesia

Jenis dan Fungsi Flow Meter - Fill Rite Flow Meter FR 311

Fill Rite Flow Meter FR 311

sumber: edit sendiri

Fill Rite Flow Meter FR 311 adalah sebuah alat pengukur tekanan udara dan juga cairan yang sangat dibutuhkan dalam kebutuhan suatu produksi. Namun, bagi Anda yang masih baru mengenalnya, pasti merasa sedikit bingung karena flow meter memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

 

Yang dapat mempengaruhi Flow meter adalah:

 

Kecepatan aliran
Volume
Perubahan Suhu
Tekanan
Fungsi dan Cara Kerja dari Flow Meter
 Fill Rite Meter FR 311 adalah

sumber: google image

 

Sebelumnya adalah beberapa hal yang mempengaruhi fillrate flow meter. Selanjutnya, di bawah ini akan sebutkan sedikit mengenai Flow meter guna mempermudah mengetahui fungsi dan tujuan. Flow meter juga dapat dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu:

 

Baca Juga : Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Fill Rite Pompa FR 1612

 

Ultrasonic Thermel 
Venturi Flow Meter/Plump Test Meter
Portable Flow Meter
Open Channel 
Different head 
Variable Area Meter
Turbin Meter
Positive Displacement Meter
Flow Meter Solar.
Setelah Anda mengetahui apa yang lebih Anda butuhkan untuk produk atau perusahaan. Akhirnya, Anda bisa memilih Flow meter mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan. 

 

Menghitung Flow Meter
 fungsi dan cara kerja Flow meter

sumber: pixabay

 

Faktanya, ada banyak sekali cara menghitung flow meter berdasarkan jenisnya. Meski begitu, agar lebih gampang kami hanya akan menjelaskan beberapa saja. Contohnya seperti di bawah ini:

 

Magnetic flow meter. Namun, jenis flow meter ini hanya bisa menggunakan pengoperasian dengan cairan yang memiliki suatu konduktivitas.


Ultrasonic flow meter, menggunakan kecepatan, dan berada di tingkat ultra. Selain itu, ini  digunakan untuk menghitung kecepatan dari aliran fluida dalam hitungan detik.


Sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis dari flow meter yang di sebutkan di atas. Jadi, seperti apa yang ditulis sebelumnya, Anda harus  mengetahui apa yang dibutuhkan pada suatu produk.

 

Alhasil, Anda akan lebih mudah mengetahui flow meter mana yang paling baik untuk digunakan.

Selain itu, Fill Rite memiliki beraneka macam versi flow meter yang memiliki kekuatan dan ketegangan berbeda setiap versinya.

Hasilnya, Anda bisa mengatur dengan bebas ingin menggunakan yang mana sesuai dengan jumlah GMP dari produk yang tertera.

 

Misal, Anda kalau ingin yang memiliki flow meter GMP rendah, maka Anda bisa mencoba Fill Rite FR 701 yang memiliki total 20 GMP.

Namun, kalau menurut Anda itu masih kurang. Maka Anda bisa gunakan Fill Rite Flow meter FR 311 yang memiliki kekuatan tegangan yang lebih kuat sebesar  sampai 35 GMP.

 

Cara Instalasi Flow Meter
 cara menghitung flow meter

sumber: pixabay

 

Karena banyak sekali jenis flow meter. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasang flow meter adalah menyiapkan alat-alat seperti baut, kunci pas dan obeng. Lalu pastikan hal berikut:

 

Hindari Pemasangan dengan arah fluida turun
Usahakan instalasi dengan posisi/tempat  sedemikian rupa sehingga tidak ada udara   yang terjebak dalam flow meter
Pastikan arah aliran sesuai dengan arah tanda   panah pada flow meter
Tapi,  kalau tidak tahu bagaimana caranya tidak perlu khawatir. Karena biasanya untuk cara dan langkah-langkahnya ada petunjuk cara instalasi yang diberikan bersama dengan alat ukur flow meter ketika membelinya.

 

Mengenal Fill Rite Flow Meter FR 311
memasang flow meter 

sumber: google

 

Faktanya, Fill rite flow meter versi FR 311 adalah flow meter dengan kekuatan pompa transfer bahan bakar untuk tugas berat. 

Selain itu, seri 300 fill rite ini memiliki input volt ganda 115V/230V AC dan Anda bisa menggantinya dengan mudah menggunakan saklar yang sederhana.

 

Lihat Produk Kami :  Fill Rite Flow Meter FR 311

 

Memiliki pompa AC bervolume tinggi yang dapat mentransfer bahan bakar hingga 35 GMP. Tentu saja itu sangat ideal untuk mengisi alat-alat yang terhitung berat dari tangki penyimpanan yang berada di bawah tanah.

 

Di bawah ini adalah spesifikasi Fill Rite Flow Meter FR 311

 

  Flowrate Range 0-35GPM
Inlet / Outlet Thread Size (in.) 1.25 / 1
Motor Power 0.75
Current Range 9.8/11.4 4.9/5.7
Operating Temperature Range -17°F to 105°F
Dry Vacuum (in. Hg) 14
Max Discharge Pressure 26
Discharge Head (ft.) 60
Max Operating Pressure (PSI) 26
Strainer Mesh Size (micron) 40x 40 x .008”
Accuracy (+/- %) 2
Repeatability (+/- %) 0.38
Display Digits 4

Kalau Anda ingin membeli Fill Rite Flow Meter FR 311 ini. Maka Anda bisa membelinya melalui website resmi distributor fillrate. PT Badja Abadi Sentosa yang merupakan distributor resmi dan tunggal dari Fill Rite yang ada di indonesia.

 

Lihat Produk Kami :  Fill Rite Flow Meter & Pompa FR701 C/W FR900CD

 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan garansi dan pastinya asli hanya dari sini. Jadi tunggu apa lagi, beli Fill Rite Flow Meter FR 311 dan buktikan kualitasnya segera.