Home / Fill-Rite Indonesia / Kapan Waktu yang Tepat untuk Replace Fuel Filter?

article Kapan Waktu yang Tepat untuk Replace Fuel Filter? cover image
01 December 2022 Fill-Rite Indonesia

Kapan Waktu yang Tepat untuk Replace Fuel Filter?

Replace fuel filter memiliki banyak manfaat bagi kendaraan maupun bagi alat berat dalam sebuah industri. Tujuan utamanya untuk memastikan kualitas dari filter itu tetap prima. Selain itu, kegunaan lain dari fuel filter adalah untuk menyaring bahan bakar agar terpisah dengan material lain yang dapat merugikan mesin.

 

Selain itu, mengganti fuel filter juga harus berkala, jika Anda tidak mengganti fuel filter pada sebuah mesin, maka siap-siap untuk menghadapi masalah lain yang akan timbul di kemudian hari.

 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai kapan waktu yang tepat untuk replace fuel filter.

 

Apa itu Fuel Filter?


Fuel filter atau yang biasa dikenal dengan nama saringan bahan bakar adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mesin. Fuel filter pada kendaraan memiliki fungsi yang hampir sama dengan fuel filter pada alat-alat berat industrial.

 

Sama seperti semua peralatan yang rutin digunakan, fuel filter juga memiliki jangka waktu yang produktif untuk dapat bekerja dengan maksimal. Namun, semua ini tergantung pada berbagai macam faktor seperti intensitas pemakaian, merek, dan jenis.

 

Fuel filter bekerja sebelum mengalirkan bahan bakar menuju pipa injeksi. Alat ini memastikan bahwa sebagian besar bahan bakar yang akan masuk ke dalam mesin utama sudah bersih dari material yang dapat mengganggu kelancaran operasional.

 

Karena itu, peran alat ini sangat vital. Penting untuk Anda ketahui, kapan waktu yang tepat untuk mengganti fuel filter.

 

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Fuel Filter

 


Ketika waktu produktif dari fuel filter ini telah habis, maka sudah saatnya Anda menggantinya. Kami merekomendasikan untuk mengganti fuel filter dalam 6 bulan sekali.

 

Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah 6 bulan ini bukanlah patokan tetap yang terjadi secara berkala setiap tahunnya. Mungkin saja mesin Anda bermasalah lebih cepat dari itu. Jika ini yang terjadi, maka sudah saatnya Anda bagian filter pada mesin.

 

Sebagai catatan, Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti fuel filter pada mesin. Jika Anda merasa mesin Anda memiliki keluhan sebagai berikut, kemungkinan besar sudah saatnya untuk mengganti fuel filternya:

 

1. Boros Bahan Bakar


Saringan yang tidak berfungsi dengan baik akan lebih banyak menyedot bahan bakar, hal ini terjadi karena mesin tidak dapat bekerja dengan optimal akibat banyak material asing yang membuat kinerja mesin menjadi terganggu.

 

2. Mesin Tidak Bertenaga


Ciri lain yang dapat terasa dengan jelas adalah mesin yang tidak lagi bertenaga. Saringan yang kotor akan menghambat laju aliran fluida bahan bakar dalam pipa injeksi. Hal ini tentu saja berpengaruh banyak dengan kinerja mesin Anda. 

 

3. Susah Sulit Menyala


Serupa dengan dua poin sebelumnya, fuel filter yang kotor akan bekerja dengan tidak optimal. Selain menghambat laju bahan bakar, material yang tidak tersaring dengan baik dapat menyumbat proses pengapian dalam starter mesin.

 

Jika hal ini dibiarkan, maka material asing ini dapat menimbulkan karat hingga merusak mesin dengan efek yang jauh lebih merugikan.

 

4. Asap Hitam


Ciri paling mudah yang dapat terlihat ketika sebuah mesin memerlukan replace fuel filter adalah terlihatnya asap hitam yang mengepul pada gas emisi buangannya.

 

Walaupun asap hitam lumrah terlihat pada proses mesin yang sedang bekerja, namun Anda dapat melihat perbedaannya, fuel filter yang sudah tidak berfungsi dengan optimal akan mengeluarkan asap hitam pekat yang berjumlah lebih banyak.

 

Jika Anda melihat ciri ini terjadi pada salah satu dari mesin yang Anda gunakan, maka bersegeralah untuk mengganti saringan bahan bakar Anda.

 

Pilih Fuel Filter Berkualitas untuk Hasil Terbaik
 

 

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti fuel filter bagi mesin Anda, selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi produk fuel filter berkualitas dari Fill Rite. Sebuah perusahaan penyedia pompa bahan bakar dan saringan bahan bakar dengan kualitas yang tinggi.

 

Fuel filter Fill Rite memiliki banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan mesin Anda. Selain itu, semua produk dari Fill Rite juga memiliki garansi resmi. Ini tentu memudahkan Anda untuk melakukan replace fuel filter jika terjadi kerusakan atau alatnya tidak berfungsi dengan baik.