Home / Fill-Rite Indonesia / Flow Meter Solar Digital: Kelebihan, Cara Memilih & Rekomendasinya

article Flow Meter Solar Digital: Kelebihan, Cara Memilih & Rekomendasinya cover image

Flow Meter Solar Digital: Kelebihan, Cara Memilih & Rekomendasinya

flow meter solar digital

Canva

deskripsi: mesin bahan bakar yang telah berkarat

 

Salah satu jenis flow meter yang banyak beredar di pasaran saat ini adalah flow meter solar digital. Sesuai namanya, alat ini merupakan alat pengukur digital untuk bahan bakar solar. Untuk mengetahui hal-hal seputar alat ini, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Flow Meter Solar Digital dan Kelebihannya 

flow meter solar yang bagus
 

BAS

deskripsi: alat flow meter digital warna merah merek Fill Rite

 

Flow meter digital bahan bakar solar merupakan alat pengukuran laju dan kecepatan aliran bahan bakar solar dengan desain dan fitur teknologi masa kini. Misalnya saja fitur layar LCD, panel kontrol otomatis, impeller, sensor elektroda pengukur tegangan induksi,  dsb.

 

Jenis flow meter digital ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan produk flow meter analog, di antaranya yaitu:

 

- Sistem pengukuran laju aliran solar lebih akurat dan mudah dibaca karena layar LCD alat menampilkan numerik kwh yang terpakai.
- Lebih andal (reliable) dalam tugasnya dibandingkan dengan flow meter mekanis/manual.
- Tidak terlalu mengandalkan tekanan dan temperatur solar karena menggunakan daya eksternal.
- Tingkat perawatan (maintenance) lebih mudah dibandingkan produk flow meter mekanik.
- Memiliki masa pakai lebih lama.


Sementara itu, alat flow meter digital untuk solar umumnya bisa digunakan oleh personal, institusi, maupun pemilik bisnis berskala kecil hingga besar. Contohnya pada stasiun pengisian bahan bakar, pertambangan, konstruksi, industri farmasi, militer kelautan, industri logam, dan sebagainya.

 

Cara Memilih Flow Meter Solar Digital 
meteran solar digital 

 

Canva

deskripsi: seorang pria memilih flow meter digital merek Fill Rite

 

Memilih flow meter yang salah bisa berimbas pada kurang akuratnya hasil pengukuran, pemborosan, bahkan membahayakan keselamatan pekerja. Oleh karena itu, memilih flow meter solar yang bagus dan tepat menjadi salah satu hal krusial dalam industri dan bisnis.

 

Berikut ini beberapa poin penting yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih produk meteran solar digital:

 

- Kapabilitas dan sifat cairan. Cek apakah alat memiliki fitur untuk cairan yang bersifat konduktif, korosif, atau abrasif.
- Akurasi. Cek seberapa akurat alat tersebut dan apakah tingkat akurasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.
- Laju aliran. Cek laju aliran pada spesifikasi alat serta konstan tidaknya tingkat laju aliran tersebut.
- Instalasi & pemeliharaan. Cek jika ada syarat tertentu dalam instalasi alat. Periksa mudah tidaknya pemeliharaan terhadap alat yang ingin Anda beli.
- Biaya. Cek harga flow meter digital yang ingin Anda beli, apakah sesuai dengan budget Anda.


Rekomendasi Flow Meter Solar Digital  

flow meter solar 1 inch 

Freepik

deskripsi: logo jaminan kualitas premium pada produk flow meter

 

Apabila membutuhkan produk flow meter digital untuk proses transfer solar, berikut ini ada beberapa produk yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Di antaranya:

 

1. Fill Rite TN740 


Flow meter solar 1 inch ini didesain dengan 4 digit angka pada tampilan LCD. Fitur pada alat ini juga memungkinkannya memiliki kemampuan pencatatan 0.5-10 galon per menit. Ditambah lagi, desain angka pelaporan pada layar juga memberikan visibilitas terbaik bagi operator dalam pembacaan.

 

Di samping itu, alat ini juga didesain dengan ruang pengukur bertekanan tinggi dan viskositas tinggi sehingga sangat ideal untuk aktivitas transfer cairan bbm berat. Fitur tersebut juga cocok untuk transfer material lain seperti minyak pelumas dan minyak hidrolik. 

Kompatibilitas cairan/fluida solar, minyak tanah
material alat anodized aluminium
ukuran 1 inci
dimensi 19x28x19 cm
laju aliran 1.9-38 LPM/0.5-10 GPM
tekanan maks. 1000 PSI
akurasi ± 2%

garansi
Ya

  
2. Fill Rite FR1118A10


Meskipun dari segi tampilan alat pengukur digital in-line ini terlihat kecil, namun alat ini dirancang untuk melakukan tugas berat. Ukurannya yang ringan dan kecil juga memudahkan sang operator dalam pengoperasiannya. Anda hanya perlu menghubungkan alat ini dengan selang atau alat sejenisnya.

 

Di samping itu, sistem pengukuran turbin yang terdapat pada FR1118A10 ini memungkinkan hasil pemrosesan output cairan lebih akurat dan convenient. 

Selain itu, desain 5 digit angka pada LCD juga memungkinkan operator bisa membaca angka dengan mudah. Di fitur LCD tersebut juga terdapat panel untuk memudahkan pengguna mereset angka. Berikut spesifikasi dari alat ini.

  Kompatibilitas cairan/fluida minyak tanah, solar
material alat anodized aluminium
ukuran 1 inci
dimensi 8x12 cm
laju aliran 11-98 LPM/3-26 GPM
tekanan maks. 3.4 Bar/50 PSI
akurasi ± 1%
garansi Ya



Selain kedua contoh produk di atas, kami juga menyediakan produk flow meter lainnya untuk jenis cairan lain seperti cairan agrokimia (pestisida, roh mineral, minyak tanaman, pupuk air,dll), bensin, dsb.

Untuk informasi harga dan ketersediaan produk flow meter solar digital, kunjungi situs resmi kami, Fill Rite Flow Meter Indonesia.