Home / Fill-Rite Indonesia / Cara dan Daftar Jasa Kalibrasi Flow Meter Fillrate Terbaik

article Cara dan Daftar Jasa Kalibrasi Flow Meter Fillrate Terbaik cover image

Cara dan Daftar Jasa Kalibrasi Flow Meter Fillrate Terbaik

Jasa Kalibrasi Flow Meter Fillrate

Pengukur aliran gas maupun gas meter harus dikalibrasi untuk memastikan perangkat berfungsi optimal dan menunjukkan pembacaan akurat. Tanpa jasa kalibrasi flow meter fillrate yang tepat, pengukur aliran gas dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat. Ini menyebabkan kesalahan dalam pengukuran aliran gas, hingga menyebabkan kerugian ekonomi dan operasional.

 

Pengkalibrasian pengukur aliran gas yang tidak tepat juga menyebabkan kesalahan pengukuran, menimbulkan bahaya kesehatan dan keselamatan  kerja. Berikut informasi lengkap mengenai jasa kalibrasi flow meter dan metode yang digunakan.

 

Jasa Kalibrasi Flow Meter Fillrate Terbaik

 

Adanya jasa kalibrasi flow meter fill rate sangat penting untuk menjamin keakuratan pengukuran aliran gas. Tanpa kalibrasi yang tepat, pengukur aliran gas dapat memberikan pembacaan yang salah.

 

Pemeliharaan Fillrite sangat mudah, cukup 1 tahun sekali untuk kalibrasi dan service unit. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jasa kalibrasi  yang terbaik dan terpercaya.

Anda bisa memilih jasa Fill Rite Flow Meter Indonesia, sebagai distributor resmi dan satu-satunya yang ditunjuk langsung Fill Rite System Solution, Ltd. Setiap pembelian produk Fillrite original disertai dokumentasi keasliannya, seperti sertifikat.

 

Terlebih lagi, setiap pembelian produk Fillrite, Anda mendapatkan garansi purna jual resmi dari kami. Pembelian semua produk Fillrite untuk pengiriman JABODETABEK akan dikirim langsung oleh tim logistik. Semua memiliki kualitas terbaik, karena akurasinya bisa diatur sampai 0.2%

 

Pentingnya Kalibrasi Flow Meter


Sebelumnya, kami sudah memberikan rekomendasi jasa kalibrasi flow meter terbaik. Untuk memberikan pemahaman lebih, Anda juga perlu mengetahui pentingnya flow meter ini. 

Flow meter solar hanya benda buatan yang memiliki keterbatasan. Sehingga pergeseran dan penyimpangan hasil pengukuran mungkin terjadi. Apalagi jika alat tersebut sering digunakan dalam jangka waktu lama.

Proses kalibrasi solar flow meter sangat membantu dalam menyelesaikan masalah penyimpangan hasil pengukuran.

 

Kalibrasi yang dilakukan teratur dan benar selama jangka waktu tertentu sangat membantu untuk mengatasi masalah kesalahan instrumen. Proses kalibrasi ini memeriksa dan mengembalikan penyimpangan dalam pembacaan untuk memastikan kinerja flow meter diesel yang akurat.

 

Metode Kalibrasi Flow Meter

Jasa kalibrasi flow meter

Butuh langkah-langkah spesifik dan terstruktur guna hasil kalibrasi yang optimal? Berikut beberapa metode kalibrasi yang umum dipakai jasa kalibrasi flow meter fillrate yang perlu diketahui:

 

1. Persiapan


Preparasi merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai proses kalibrasi. Proses ini terdiri dari penyiapan alat yang akan dikalibrasi dan alat yang digunakan untuk kalibrasi.

 

2. Pelaksana Kalibrasi


Jika memungkinkan, seseorang yang paham akan kalibrasi flow meter dan memiliki pengalaman di lapangan harus dipilih untuk melakukan kalibrasi. Tujuannya untuk meminimalisir kesalahan pada saat memperoleh data pengukuran.

 

3. Pengecekan Kondisi Lingkungan Kalibrasi


Kondisi lingkungan mulai dari suhu dan kelembaban sangat penting untuk memeriksa dan menyesuaikan proses kalibrasi agar memenuhi persyaratan metode kalibrasi. Pengkondisian udara sangat penting terutama untuk alat kalibrasi yang mudah diganti karena kelembaban, suhu, cahaya, getaran, dan lain-lain.

 

4. Metode Kalibrasi


Manfaatnya untuk flowmeter harus mengacu pada metode standar nasional dan internasional yang berlaku umum. Pilih saja yang mudah diterapkan dan dipahami agar minim kesalahan saat pengumpulan data.

 

5. Pelaksanaan Kalibrasi


Pengamatan awal terhadap benda untuk mengetahui apakah alat  masih  berfungsi sebagaimana mestinya. Menyetel ulang pahat yang akan dikalibrasi dengan menyetel titik nol, mengatur ketinggian, membersihkan pahat, dan sebagainya. 

 

Amati keabsahan hasil pengukuran dan tentukan apakah hasil pengukuran tersebut sesuai. Pengukuran dilakukan pada titik pengukuran tertentu tergantung kemampuan dari alat tersebut.

 

6. Perhitungan


Usai menerima hasil pengukuran dari pengamatan jasa kalibrasi, lalu dilakukan perhitungan kalibrasi. Caranya dengan menghitung nilai maksimum dan minimum, standar deviasi, nilai mean, konversi satuan, dan mencari persamaan regresi.

 

7. Penentuan Ketidakpastian dan Pembuatan Laporan


Pada tahap ini didapatkan kesimpulan dan penentuan ketidakpastian kalibrasi. Kesimpulan dapat dituangkan dalam laporan kalibrasi dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Prosedur untuk membuat laporan bisa menggunakan langkah-langkah berikut: 

 

- Pengembangan konsep berdasarkan hasil pengukuran, penghitungan data, dan penentuan ketidakpastian 
- Pengecekan konsep untuk memverifikasi pengumpulan data, kesalahan ID perangkat, dan kesalahan penghitungan data 
- Laporan konsep dan input data Keakuratan input 
- Verifikasi Laporan oleh Manajer Laboratorium Kalibrasi atau pihak lain yang Ditunjuk Resmi


Itu dia beberapa informasi penting terkait jasa kalibrasi flow meter fillrate hingga pentingnya kalibrasi ini. Namun satu hal yang pasti, untuk mendapatkan jasa terbaik, Anda hanya perlu memercayakannya pada kami, selain jasa kalibrasi kami juga menjual flow meter fillrite dan jual gas meter. Yuk cek di sini!