Home / Fill-Rite / Pompa Transfer AC: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

article Pompa Transfer AC: Fungsi dan Jenis-Jenisnya cover image
07 August 2022 Fill-Rite

Pompa Transfer AC: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Transfer pump atau secara lebih mudahnya disebut pompa transfer, merupakan perangkat yang digunakan untuk memindahkan cairan atau bahan lainnya. Pompa transfer memiliki sistem berupa alat hisap yang dapat memudahkan untuk membawa cairan dari satu titik ke titik lainnya. Alat ini memiliki peran yang sangat besar dalam dunia industri. Hal ini karena kemampuannya yang dapat mentransfer berbagai jenis material, baik itu berbentuk cairan, gas ataupun padat (pasir, debu).

 

Di pasaran saat ini sudah banyak jenis pompa transfer dan banyak digolongkan ke berbagai jenis. Salah satunya yaitu tipe pompa transfer AC dan pompa transfer DC. Pompa transfer AC (alternating current) merupakan pompa transfer yang memiliki sistem perpindahan cairan atau material secara bolak-balik.

 

Adanya jenis pompa AC dan pompa DC tentu memiliki karakteristik maupun kebutuhan penggunaan yang berbeda. Pompa AC sendiri lebih dirancang untuk menangani perpindahan material likuid, seperti contohnya berbagai produk bahan bakar dan minyak (diesel, bio diesel, minyak dan diesel exhaust fuel (DEF). Sehingga jenis pompa AC lebih cocok digunakan pada instalasi stasioner seperti pada pemasangan tangka dan barel.

 

Walaupun berdasarkan aspek kemudahan dalam penggunaannya, pompa DC lebih unggul dan lebih populer. Pompa AC tetaplah memiliki nilai plus tersendiri yakni dari segi harga yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan pompa DC.

 

Produk-produk dari Fill Rite sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia serta berbagai jenis industri. Selain memproduksi flow meter, Fill Rite juga menjual berbagai alat pendukung lainnya. Salah satunya yaitu pompa transfer, baik itu pompa AC maupun pompa DC.

 

Lantas bagi anda yang tinggal di Indonesia, bagaimana cara membeli produk-produk Fill Rite? Jangan khawatir karena di Indonesia sendiri sudah ada distributor resmi dari produk Fill Rite, yaitu PT. Badja Abadi Sentosa. Dalam website resminya di https://fillriteflowmeterindonesia.com/ banyak tersedia produk Fill Rite. Mulai dari flow meter, pompa transfer hingga fuel filter. Berikut merupakan beberapa produk pompa AC merk Fill Rite yang tersedia.

 


Pompa Transfer AC Fill Rite Flow Meter FR 311

 

 

Pompa transfer bahan bakar seri 300 ini dibuat dari konstruksi besi tuang. Sehingga dapat beroperasi lebih tahan lama. Pompa ini dapat digunakan pada cairan solar, bensin, B20 dan minyak. Berikut untuk spesifikasinya.

 

-Laju Aliran  : 35 GPM atau 132 LPM
-Maks. Tekanan : 26 PSI
-Akurasi  : +/- 1%
-Tegangan  : 115/230 Volt
-Bahan  : Cast Iron


Pompa transfer series ini memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya sebagai berikut:

 

-Dapat mentransfer bahan bakar pada 35 GPM, ideal untuk mengisi alat berat dari tangki penyimpanan di atas tanah


-Konstruksi besi tuang menjadikan alat ini tahan lama dan tahan terhadap penggunaan di kondisi berat


-Input daya yang fleksibel. Desain tegangan ganda memungkinkan untuk memilih daya AC 115 V atau 230 V sesuai dengan kebutuhan

 

Fill Rite Flow Meter FR 701

 

Fill Rite seri 700 untuk pompa transfer ini menggunakan metode konstruksi yang hampir sama dengan seri 300. Selain itu pada series ini ditambahkan teknologi baling-baling putar, yang dapat mempertahankan kinerja dari alat ini. Pompa AC ini juga cocok untuk beberapa jenis cairan seperti solar, bensin dan minyak. Berikut untuk spesifikasi lengkapnya.

 

-Laju Aliran  : 0-75 LPM / 20 GPM
-Maks. Tekanan : 23 PSI
-Akurasi  : +/- 1%
-Tegangan  : 230 Volt
-Bahan  : cast iron


Beberapa poin plus dari pompa transfer series ini yaitu dapat mentransfer bahan bakar pada 20 GPM. Sehingga ideal untuk mengisi peralatan berukuran sedang dari tangki penyimpanan. Selain itu, teknologi baling-baling yang disematkan menghasilkan kinerja yang konsisten selama masa pakai.

 

Kesimpulan

 

Pada umumnya, kedua jenis pompa transfer AC tersebut memiliki karakteristik yang sama. Faktor pembedanya hanya di beberapa spesifikasinya seperti maksimal tekanan dan laju aliran. Fill Rite Transfer Pump merupakan pilihan tepat bagi anda yang sedang mencari produk pompa untuk industri anda.