Home / Fill-Rite / Ragam Fill Rite Flow Meter dan Kegunaanya

article Ragam Fill Rite Flow Meter dan Kegunaanya cover image
03 August 2022 Fill-Rite

Ragam Fill Rite Flow Meter dan Kegunaanya

Fill Rite Flow Meter merupakan merk alat industri yang sudah tidak asing dalam dunia industri. Produk yang dibuat oleh Tuthill Corporation ini saat ini banyak dicari oleh perusahaan/industri guna membantu pekerjaan terkait pengukuran aliran.

 

Sebagai informasi, Tuthill Corporation merupakan salah satu perusahaan produksi alat-alat industri terkemuka di dunia. Perusahaan ini telah berjalan selama lebih dari 130 tahun sebagai produsen manufaktur. Dengan slogan utamanya yaitu “pump your heart into it” perusahaan ini menciptakan alat-alat industri yang berbeda dengan produsen lainnya. Disamping itu, Tuthill juga berhasil menciptakan alat industri berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Fill Rite merupakan salah satu produk keluaran dari perusahaan ini, tepatnya pada tahun 2000-an. Hingga saat ini produk ini sudah tersedia secara luas di berbagai belahan dunia. Hal ini karena Tuthill Corporation, selaku produsen mempercayakan penjualannya kepada distributor-distributor yang ada. Dimana salah satunya ada di Indonesia.

 


PT. Badja Abadi Sentosa Selaku Distributor Resmi Fill Rite Flow Meter

 

Distributor resmi dari produk Fill Rite yang ada di Indonesia saat ini dipegang oleh PT. Badja Abadi Sentosa. PT. Badja Abadi Sentosa atau biasa disingkat dengan PT. BAS merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan alat-alat industri dan jasa maintenance. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1957 ini sangat serius dalam menggeluti serta memenuhi kebutuhan pasar akan produk industri. PT ini memiliki visi memajukan teknologi perekonomian di Indonesia serta misi untuk mengenalkan citra baik perusahaan penyedia alat industri di Indonesia.

 

Lantas produk fill rite flow meter apa saja yang saat ini tersedia dan dijual oleh PT. BAS? Berikut akan diuraikan beberapa produk flow meter yang tersedia.

 

 

Ragam Seri Pengukur Aliran Fill Rite

 

 

Untuk saat ini, produk dan jenis flow meter yang tersedia antara lain flow meter digital, flow meter mechanical dan oval gear flow meter. Berikut akan diulas beberapa produk dari jenis flow meter digital dan oval gear flow meter. Untuk produk flow meter ataupun alat industri lainnya, bisa anda cek secara langsung di website https://fillriteflowmeterindonesia.com/ 

 

1. Fill Rite Flow Meter TM Mini Oval Gear


Oval gear seri TM ini berukuran 3/4” serta dapat bekerja dengan kapasitas hingga 20 GPM. Alat ini cocok digunakan dalam layanan injeksi aditif, proses industri, batching dan pemantauan aliran. Berdasarkan konstruksinya, flow meter ini memiliki 2 bagian yang bergerak (moving parts). Adanya desain kontruksi alat yang sedemikian rupa memberikan kinerja yang baik dengan kemudahan dalam perawatannya.

 

Oval gear seri TM ini terdiri dari beberapa tipe. Mulai dari TM02, TM03, TM04 dan TM06. Berikut untuk spesifikasi lebih lengkapnya dapat dicek langsung pada website resminya.

 

2. Fill Rite Flow Meter TS Oval Gear


Oval gear seri TS ini adalah jenis standar dalam kategori flow meter Rotary Positive Displacement. Jenis ini sangat ideal untuk penggunaan di semua lingkungan. Hal unik dari series ini terletak pada desain roda giginya. Dimana pada seri TS ini memiliki roda gigi berbentuk gelombang. Desain roda gigi yang unik ini memungkinkan kemudahan dalam proses instalasi yang ringkas dengan sistem perpipaan minimal.

 

Untuk flow meter oval seri TS ini tersedia dalam berbagai tipe. Mulai dari TS10, TS15, TS20 dan TS30. Keempat tipe ini masing-masing memiliki karakteristik yang sedikit berbeda. Untuk info selengkapnya dapat dicek melalui alamat website.

 


Ragam Seri Pengukur Aliran Fill Rite (Bagian 2)

 

3. Fill Rite Flow Meter Digital FR 820


Selanjutnya ada flow meter digital seri FR, tepatnya pada tipe FR 820. Secara konstruksinya, alat ini terbuat dari polypropylene yang kokoh dan tahan terhadap korosi. Sehingga ideal digunakan dalam industri kimia sebagai pengukur aliran yang bersifat korosif. Selain itu, seri flow meter ini dapat mengukur cairan hingga akurasi +/- 1%.

 

Berdasarkan teknologi yang disematkan, menggunakan teknologi nutating disc yang mampu memindahkan karat maupun puing-puing kecil. Dimana material tersebut seringkali menyebabkan kerusakan pada alat flow meter. Untuk info lebih lengkapnya, dapat anda cek pada detail produk dari Fill Rite Flow Meter Digital FR 820.

 

4. Fill rite Flow Meter Digital TN 740


Fill Rite TN 740 adalah pengukur aliran bahan bakar mekanis bertekanan tinggi. Dengan model 4-digit, flow meter ini memiliki tingkat pengukuran yang sangat akurat, yakni pada akurasi +/- 2%. Secara penggunaan, seri flow meter in sangat baik untuk oli bahan bakar berat, oli hidrolik dan oli pelumas. Hampir sama dengan tipe FR 820, pada tipa TN 740 juga menggunakan teknologi nutating disc. Untuk spesifikasi lengkapnya dapat dikunjung via website.

 


Selain jenis dan tipe flow meter yang telah diuraikan di atas. Masih ada jenis flow meter lainnya. Salah satunya yaitu jenis flow meter mechanical yang akan dibahas di artikel selanjutnya.