Home / Fill-Rite Indonesia / Functions and Types of Fill Rite Brand Fuel Filters

article Functions and Types of Fill Rite Brand Fuel Filters cover image
11 August 2022 Fill-Rite Indonesia

Functions and Types of Fill Rite Brand Fuel Filters

Fuel filter atau penyaring bahan bakar merupakan salah satu alat yang mempunyai peran penting dalam dunia industri. Sesuai dengan namanya, alat ini dapat berfungsi untuk menyaring kotoran dan kelembaban berbahaya dalam sistem bahan bakar. Selain itu fungsi lainnya seperti melindungi kerja normal mesin, mengurangi keausan, menghindari penyumbatan dan meningkatkan masa pakai mesin.

 


Filter bahan bakar merupakan aksesoris tambahan dan biasanya dipasang pada bagian sebelum ditempatkannya flow meter ataupun pompa transfer. Apabila tidak ada filter, tentu akan menyebabkan flow meter atau pompa transfer rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan partikel ataupun air jika tidak disaring akan menyebabkan kerusakan pada alat pengukur (pompa alat pengukur menjadi macet).

 

 

Fuel Filter Particulate vs Hydrosorb

 


Secara umum, filter dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu particulate dan hydrosorb. Kedua jenis tersebut tentu memiliki perbedaan, walaupun secara fungsional kinerjanya sama. Pada jenis particulate, merupakan penyaring cairan bahan bakar untuk menyaring partikel-partikel dan air yang terkandung dalam cairan. Jenis filter ini dapat digunakan apabila cairan yang akan melewati flow meter memiliki kandungan air dan partikel.

 


Kemudian untuk filter hydrosorb, merupakan penyaring cairan bahan bakar untuk menyaring partikel dalam cairan. Jika pada jenis particulate dapat menyaring partikel dan air, pada jenis ini hanya mampu menyaring partikel saja. Sehingga jenis ini cocok diaplikasikan pada jenis cairan yang hanya memiliki kandungan partikel saja.

 


Kandungan partikel dan air dalam cairan bahan bakar pada dasarnya harus dihilangkan. Hal ini dikarenakan kedua jenis partikel ini dapat membuat flow meter menjadi macet dan rusak apabila digunakan untuk waktu lama. 

 


Fill Rite, selaku produsen alat industri terkenal di dunia, juga membuat alat fuel filter ini. Dilansir dari website resminya di Indonesia yakni https://fillriteflowmeterindonesia.com/ terdapat beberapa tipe filter bahan bakar yang tersedia. Untuk penjelasan lebih lengkapnya akan dibahas berikut ini.

 

 

Jenis-Jenis Filter Bahan Bakar Merk Fill Rite

 

 

 


Berdasarkan keterangan dalam website, terdapat dua jenis filter bahan bakar merk Fill Rite yang tersedia. Keduanya yaitu Fill Rite Filter Particulate dan Fill Rite Filter Hydrosorb. Berikut uraian lebih lengkap dari kedua produk ini.

 


1, Fill Rite Filter Particulate


Fill Rite particulate dapat menyaring kandungan air maupun partikel yang ada di dalam cairan. Fuel filter ini dapat menyaring laju aliran hingga 18 GPM (68 LPM). Memiliki aliran masuk dan keluar sebesar 1”. Alat ini sangat kompatibel dengan beberapa jenis cairan seperti bensin, solar dan minyak. Dengan menggunakan filter ini, maka segala jenis cairan dapat terbebas dari kandungan air maupun partikel yang mengganggu.

 


2. Fill Rite Filter Hydrosorb


Filter tipe ini sejatinya memiliki karakteristik yang mirip dengan tipe particulate. Hanya saja memang untuk filter hydrosorb hanya dapat menyaring kandungan air saja. Filter ini dapat menyaring laju aliran maksimal 18 GPM. Memiliki ukuran keluar dan masuk sebesar 1” serta kompatibel dengan cairan seperti bensin, minyak dan solar.

 

 

Dengan dimensinya yang sangat ringkas yakni hanya 12x12x30 cm menjadikan kedua jenis filter ini dapat menjadi pilihan tepat. Khususnya dalam pemilihan alat penyaring cairan sebelum diukur atau ditransfer via flow meter atau pompa transfer. Selain menyediakan satu set lengkap filternya, Fill Rite Indonesia juga menyediakan bagian filternya saja sebagai replacement. Tujuannya jikalau sewaktu-waktu filter mengalami kerusakan, maka dapat diganti pada bagian isi filternya saja.