Home / Umum / Panel Meter Digital: Alat Penuh Manfaat di Dunia Industri

article Panel Meter Digital: Alat Penuh Manfaat di Dunia Industri cover image
21 June 2022 Umum

Panel Meter Digital: Alat Penuh Manfaat di Dunia Industri

Dalam dunia industri, terdapat banyak jenis alat-alat industri yang digunakan dalam tiap-tiap prosesnya. Salah satu alat industri yang pastinya sering digunakan dan ditemui di berbagai jenis perindustrian adalah alat bernama Digital Display Meter. Di Indonesia alat ini juga dikenal dengan nama panel meter digital.

 

Panel meter digital adalah alat penampil digital yang biasanya dipasang pada bagian panel, misalnya seperti pada panel kontrol. Tujuan dari penggunaan alat ini yaitu untuk membaca beberapa jenis input, baik itu tegangan, arus ataupun resistansi. Peran dari alat ini yaitu akan menampilkan hasil nilainya secara digital. Pengukur ini juga dapat bertindak sebagai pengontrol sederhana ketika pembacaan sudah mencapai pengukuran yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

Digital display panel menyajikan informasi numerik dengan cara yang mudah dibaca serta digunakan secara luas dalam peralatan kontrol proses. Disamping itu, alat ini juga dapat digunakan untuk memantau kinerja dari peralatan listrik. Berdasarkan prinsip kerjanya, alat ini juga memiliki prinsip kerja yang tergolong sederhana.

 

Fungsi dasar yang dilakukan oleh semua jenis Digital display meter adalah mengambil sinyal input dan mengubahnya menjadi nilai yang dapat ditampilkan melalui layer digital. Input ini awalnya berasal dari beberapa sensor dalam suatu proses atau sistem, kemudian dikirim ke perangkat melalui panel yang terhubung dengan meteran. Panel tersebut menyediakan daya untuk perangkat dan input untuk tampilan.

 


Tipe-Tipe Digital Display Panel

 

Secara umum di pasaran, banyak sekali ragam dan jenis dari alat Digital display meter. Dimana pembeli (buyer) dapat memilih dan menentukan jenis panel meter digital yang mana yang sesuai kebutuhan. Tipe-tipe dari Digital display meter yang ada di pasaran ini biasanya dibedakan berdasarkan dua komponennya, yaitu tampilan layar serta teknologi pencahayaan yang digunakan. Penjelasan dari kedua komponen tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

 

1. Tampilan Layar (display)
Tampilan layar atau display dari panel meter digital terdiri dari jenis numeric atau alpha-numeric.

  • Numeric: tampilan numerik berarti meteran hanya menampilkan data angka saja. Kebanyakan jenis panel meter digital adalah numerik, dikarenakan tujuan utama dari alat ini adalah untuk menampilkan data numerik
  • Alpha-Numeric: tampilan alfa-numerik berarti meteran akan menampilkan data angka dan huruf. Tipe tampilan layar seperti ini berguna untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pengguna, dengan didukung tampilan data berupa angka dan tulisan/huruf. 

 

2. Teknologi Pencahayaan yang Digunakan 
Berdasarkan teknologi pencahayaan yang digunakan, panel meter digital terbagi menjadi 2 jenis yaitu tipe LED dan LCD.

  • LED: tampilan LED (light emitting diode) terdiri dari dioda yang menerangi segmen. Kelebihan dari jenis tampilan LED ini yaitu dapat dilihat dalam gelap.
  • LCD: tampilan LCD (liquid crystal display) menampilkan angka gelap/hitam pada layar kosong berwarna abu-abu atau hijau. Kelebihan jenis ini dibandingkan dengan LED yaitu, LCD mengkonsumsi lebih sedikit daya dari LED. Namun membutuhkan lampu datar agar dapat terlihat dalam gelap.

 

Produk: Fillrite Flow Meter Digital FR 1118A10

 

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Alat

 

Dalam menentukan pemilihan jenis panel digital meter yang akan digunakan. Terdapat beberapa spesifikasi penting yang perlu dipertimbangkan. Hal yang perlu menjadi pertimbangan diantaranya jumlah digit (number of digits), ukuran permukaan panel serta warna tampilan panel (display color).

 

- Jumlah digit (number of digits)
Jumlah digit menentukan berapa banyak jumlah digit yang ada dalam output tampilan. Angka ini harus kurang dari atau sama dengan jumlah angka penting dalam input sinyal, bergantung pada akurasi yang diinginkan.

 

- Ukuran permukaan panel
Ukuran permukaan panel menentukan kompatibilitas fisik perangkat dengan panel tempat pemasangannya. Biasanya ukuran dari permukaan panel dinilai dalam ukuran inci atau milimeter dan ditentukan oleh panjang dan lebar. Ukuran permukaan panel sangat perlu diperhatikan sesuai dengan penggunaan. Terkadang tampilan panel harus cukup besar bagi pengguna, agar memudahkan dalam pembacaan data angka maupun huruf.

 

- Warna tampilan panel (display color)
Panel meter digital dirancang untuk menampilkan warna tertentu. Pada jenis meter LCD, warna ditentukan oleh lampu latar di belakang angka hitam. Sementara pada jenis meter LED, warna ditentukan oleh jenis dioda yang terpasang pada perangkat. Adapun pilihan warna yang tersedia antara lain red, green, amber, blue, yellow, orange dan aqua.

 

 

Ranah Pengaplikasian Digital Display Meter

 

Digital panel meter dapat diaplikasikan di berbagai macam ranah industri. Hal ini karena fungsinya yang bisa dikatakan sangat vital yakni sebagai alat pembaca data yang dihasilkan dari alat-alat proses industri. Selain itu, alat ini juga beperan dalam memonitoring kegiatan proses industri. Di bawah ini merupakan beberapa ranah pengaplikasian yang menggunakan digital panel meter.

 

  1. Pemantauan suhu oven (oven temperature monitoring)
  2. Penggunaan dalam memantau Arus (motor current monitoring)
  3. Melakukan monitoring Suhu air pendingin
  4. Memantau aliran air di stasiun pintu air
  5. Pemantauan temperatur gas buang pada mesin diesel
  6. Monitoring pada kegiatan arus pengelasan
  7. Pemantauan tekanan
  8. Pengukuran tingkat cairan (liquid)
  9. Pengukuran tingkat kelembaban (humidity)

 

 

Fill Rite yang merupakan penyedia alat-alat industri terkemuka di dunia juga menjual berbagai macam jenis panel meter digital. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa produk Fill Rite sudah terbukti akan kualitas dan keandalannya. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat distributor resmi dari Fill Rite yakni PT. Badja Abadi Sentosa.

 

Adapun beberapa contoh produk Fill Rite panel meter digital yang tersedia di Indonesia seperti FR 118A10 dan FR 820 yang memiliki spesifikasi mumpuni. Kita ambil salah satu contoh, FR 118A10 merupakan jenis panel meter digital dengan tingkat akurasi +/-1%. Alat ini dirancang untk fluida jenis solar dan kerosin. Selain itu dapat dipasang baik secara inline ataupun di bagian ujung dari selang pengiriman. Untuk info lebih lanjut, dapat dicek melalui website fillriteflowmeterindonesia.com