Home / Fill-Rite / Fuel Filter: Review Singkat dan Cara Kerjanya

article Fuel Filter: Review Singkat dan Cara Kerjanya cover image
09 August 2022 Fill-Rite

Fuel Filter: Review Singkat dan Cara Kerjanya

Fuel filter atau penyaring bahan bakar merupakan salah satu alat yang mempunyai peran penting dalam dunia industri. Sesuai dengan namanya, alat ini dapat berfungsi untuk menyaring kotoran dan kelembaban berbahaya dalam sistem bahan bakar. Selain itu fungsi lainnya seperti melindungi kerja normal mesin, mengurangi keausan, menghindari penyumbatan dan meningkatkan masa pakai mesin.

 

Fuel Filter biasanya diletakkan di saluran bahan bakar sebagai penyaring utama cairan. Filter bahan bakar melindungi bagian-bagian penting mesin, dengan menyaring partikel asing yang berpotensi merusak injektor bahan bakar. Berikut ini akan dijabarkan mengenai bagaimana cara kerja dari alat ini serta komponen-komponen yang terdapat di fuel filter.

 


Prinsip Kerja Dasar dari Fuel Filter

 

Tujuan dari setiap filter bahan bakar adalah untuk menghilangkan partikel asing serta air. Penggunaan sistem filtrasi yang sesuai merupakan suatu keharusan untuk menghindari kerusakan pada flow meter.

 

Kemampuan filter sangatlah bervariasi bergantung pada tipe dan perusahaan pembuatnya. Secara umum, filter bahan bakar dapat dibagi menjadi dua, yaitu filter primer dan filter sekunder. Filter primer mampu menghilangkan partikel kotoran hingga 30 mikron. Sementara untuk filter sekunder hanya berkisar 10 hingga 12 mikron.

 

Komponen dalam Alat

 

 

Filter bahan bakar biasanya terdiri dari tiga bagian. Adapun ketiganya yaitu filter, cangkang dan dasar filter. Saat ini, beberapa filter menggunakan elemen internal yang dapat diganti di dalam mangkuk atau cangkang. Hal ini biasanya disebut sebagai desain shell. Selain itu, sebagian fuel filter yang digunakan saat ini adalah tipe spin-on. Dimana tipe ini memungkinkan penggantian yang lebih cepat karena bagian filter yang dapat dibuang.

 

Filter bahan bakar merupakan aksesoris tambahan dan biasanya dipasang pada bagian sebelum ditempatkannya flow meter ataupun pompa transfer. Tujuannya tentu tidak lain adalah untuk menyaring partikel ataupun air yang terkandung dalam cairan. Apabila tidak ada filter, tentu akan menyebabkan flow meter atau pompa transfer rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan partikel ataupun air jika tidak disaring akan menyebabkan kerusakan pada alat pengukur (pompa alat pengukur menjadi macet).

 

Berdasarkan jenisnya, filter bahan bakar sendiri dapat dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu filter particulate dan filter hydrosorb. Kedua jenis ini tentu memiliki sejumlah perbedaan dan fungsionalitasnya. Untuk penjelasan dari kedua jenis filter ini akan dibahas di artikel lainnya.

 


Dimana Tempat Membeli Filter Bahan Bakar Terbaik?

 

Bagi anda yang sedang mencari atau membutuhkan fuel filter, anda dapat berkunjung di website kami di https://fillriteflowmeterindonesia.com/. Selain menjual alat flow meter, disini kami juga menjual beberapa jenis filter bahan bakar. Mulai dari jenis particulate dan hydrosorb. Tentunya barang filter yang kami jual sudah teruji kualitasnya. Selain itu, kami juga menawarkan jaminan produk original dengan garansi yang panjang.

 

Seperti yang diketahui bersama, produk alat industri dengan merk Fill Rite saat ini mulai menjadi primadona di ranah industri. Produk ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia karena selalu memproduksi alat-alat berkualitas terbaik di pasaran. Fill Rite Indonesia merupakan subsidiary dari PT. Badja Abadi Sentosa. Sehingga produk yang kami jual sudah pasti asli dan bergaransi.